Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Bypass Pemeriksaan TPM Saat Install Windows 11

 

Cara Bypass pemeriksaan TPM saat install windows 11 - italazhar.com

italazhar.com - Seperti yang sudah saya bahas sebelumnya kalau windows 11 ini memiliki keunikan dari segi visual dan fiturnya, tidak heran banyak sekali orang yang ingin mencoba windows 11 ini walaupun hanya dengan menggunakan PC atau Laptop dengan spesifikasi yang jadul (jaman dulu).

Ketertarikan itu menurut saya sangat wajar karena memang setelah saya melihat gambar dan video yang banyak sekali di bagikan di grup teknisi komputer memang visualnya sangat menarik, dari mulai menu yang menjadi di tengah seperti Mac OS, perpaduan warna taskbar yang juga bisa transparan, menurut saya ini akan memberikan sensasi yang berbeda bagi para pengguna windows, tidak heran beberapa orang sangat tertarik walaupun hanya untuk sekedar mencoba, namun perlu diketahui juga bahwa ada syarat minimum yang menurut saya lumayan tinggi yang harus dipenuhi sebelum bisa menginstall os windows 11 tersebut.

Baca JugaCara Merekam Layar Laptop Windows 11 Tanpa Aplikasi dan Dengan Aplikasi

Syarat yang Wajib Dipenuhi Jika Ingin Menginstal Windows 11

Sebagai informasi tambahan juga bahwa windows 11 sudah mengumumkan pula syarat minimum instalasi yang perlu dipenuhi agar windows 11 bisa berjalan di komputer dan pc kalian dengan baik, adapun syarat yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut

Prosesor/CPU

Seperti yang sudah tercantum di persyaratan halaman windows 11 bahwa minimum persyaratan prosesor yang disarankan untuk bisa menginstall windows 11 adalah memiliki kecepatan minimal 1 GHZ dan minimal memiliki 2 Core atau lebih. silahkan teman-teman boleh memeriksa dari spesifikasi komputer dan laptop yang kalian gunakan, saya rasa laptop atau komputer keluaran tahun 2016 ke atas rasanya sudah bisa memenuhi dari kriteria persyaratan prosesor ini, tapi untuk lebih bisa meyakinkan, silahkan periksa sendiri dengan teliti.

RAM

Ram adalah kependekan dari Random Aksess Memori, ram ini memiliki peran penting dalam menjalankan sebuah sistem operasi karena pada ram lah tersimpan semua data dari system yang sedang berjalan, minimal persyaratan yang dibutuhkan untuk menginstall windows 11 adalah memiliki ram sebesar 4 GB atau 4096 MB. Semakin besar ram yang kamu gunakan maka semakin bagus, saya selalu menyarankan kepada teman atau saudara yang ingin membeli komputer atau laptop ya minimal memiliki ram 8 GB atau 8192 MB.

Storage/Penyimpanan

Persyaratan yang perlu diperhatikan juga adalah storage/penyimpanan. Yang sama-sama kita ketahui bahwa ada 2 jenis storage yang biasa digunakan, yaitu HDD (hardisk) atau SSD (Solid State Drive), yang saya ketahui bahwa minimal storage yang digunakan untuk bisa menginstall windows 11 adalah SSD dan minimal memiliki kapasitas penyimpanan 64 GB, jika Storage kalian masih HDD maka saya sangat menyarankan sekali untuk di upgrade terlebih dahulu ke SSD, banyak pilihan SSD ada yang murah dan ada yang mahal, menurut saya pilihlah harga yang paling mahal seperti merek samsun dll atau jika kalian belum memiliki budget maka pilih saja yang harganya sedang seperti adata dll karena sepengalaman saya antara SSD dan HDD kecepatanya sangat jauh berbeda, kecepatan SSD bisa 6x lipat daripada kecepatan HDD.

Firmware Sistem

Yang selanjutnya tidak kalah penting dan perlu diperhatikan adalah Firmware system yang kalian gunakan sudah support UEFI (Unified Extensible Firmware Interface) dan juga memiliki pengaturan Secure Boot yang aktif, sebagai informasi tambahan bahwa Secure Boot hanya bisa diaktifkan dengan UEFI, sebelumnya saya juga pernah membantu teman yang pc nya ingin di install windows 11 sampai saya update biosnya ke versi terbaru untuk bisa mengaktifkan Secure Boot tersebut.

TPM

Yang selanjutnya dan juga menjadi pokok pembahasan dalam artikel ini yaitu TPM, TPM atau kependekan dari (Trusted Platform Module) yang menjadi persyaratan dari windows 11 adalah minimal menggunakan versi 2.0, lalu TPM itu untuk apa kegunaannya ? dari beberapa artikel yang saya baca bahwa kegunaan TPM ini adalah sebagai alat untuk enkripsi dimana dengan adanya TPM terbaru versi 2.0 ini akan semakin menjaga keamanan dan kekuatan komputer anda, tidak mudah dihinggapi virus juga hacker.Jika kalian memiliki komputer dengan versi TMP dibawah 2.0 maka dari apa yang tertulis di persyaratan minimal instalasi windows 11 adalah komputer anda tidak layak untuk mencoba windows 11.

Baca Juga : Cara Mengatur Taskbar di Windows 11

Cara Memeriksa Versi TPM Pada Windows

Untuk memastikan dan memeriksa bahwa komputer yang kamu gunakan sudah memenuhi persyaratan untuk menginstall windows 11 yaitu memiliki TPM module versi 2.0 maka silahkan ikuti 2 cara yang akan saya sampaikan pada kesempatan kali ini

Melalui TPM Service

Untuk memeriksa melalui tpm service silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini

  1. Silahkan ketik pada keyboard kalian Windows + R
  2. Masukan tpm.msc lalu tekan enter
  3. Akan terbuka satu halaman TPM silahkan periksa pada bagian TPM Manufacture Information, akan tertulis versi yang sedang kalian gunakan.

Silahkan perhatikan gambar dibawah ini

Cara Bypass pemeriksaan TPM saat install windows 11 - italazhar.com


Melalui CMD atau Command Prompt

Tidak jauh berbeda dengan versi sebelumnya untuk mengecek TPM melalui Command Prompt adalah sebagai berikut :

  1. Silahkan ketik CMD pada kolom pencarian windows.
  2. Akan tampil satu buah software berwarna hitam dengan nama Command Prompt.
  3. Silahkan klik kanan pada software tersebut lalu Run as Administrator.
  4. Lalu masukan perintah seperti ini wmic /namespace:\\root\cimv2\security\microsofttpm path win32_tpm get * /format:textvaluelist.xsl lalu enter.

Akan terlihat informasi TPM yang kita gunakan.

Cara Bypass pemeriksaan TPM saat install windows 11 - italazhar.com


Jika ternyata hasil pemeriksaan kalian bahwa TPM yang ada pada komputer atau PC kalian ternyata belum memenuhi persyaratan minimal instalasi windows 11 yaitu 2.0, tenang saja, sebagaimana yang kita ketahui bahwa orang-orang jaman sekarang semakin pintar dan canggih, maka bisa ditemukan bagaimana cara untuk menginstall windows 11 tanpa melewati pemeriksaan TPM tersebut, silahkan simak baik baik tutorialnya dibawah ini.


Bypass Pemeriksaan TPM 2.0 saat Install Windows 11

Untuk mem bypass pemeriksaan TPM saat instalasi windows 11, silahkan ikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

  1. Silahkan buat bootable windows 11 seperti yang sudah saya tulis pada artikel sebelumnya.
  2. Tancap Flashdisk lalu silahkan boot melalui bootable Windows 11 yang tadi sudah dibuat.
  3. Saat layar masuk ke dalam menu setup, gunakan shortcut SHIFT + F10 untuk membuka CMD (Command Prompt).
  4. Lanjut masukan perintah regedit lalu tekan enter.
  5. Buka navigasi ke HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\Setup.
  6. Pada panel kanan, klik kanan dan pilih New > DWORD (32-bit). Beri nama BypassTPMCheck.
  7. Masih pada panel yang tadi, klik kanan dan pilih New > DWORD (32-bit). Beri nama BypassSecureBootCheck.
  8. Beri masing-masing valuenya adalah 1 dari setiap key yang ada.
  9. Jika sudah, kalian bisa menutup regedit yang tadi sudah kalian buka lalu lanjutkan prosess instalasinya.

Silahkan lanjutkan tahap instalasinya seperti biasa, yang pernah saya alami bahwa proses instalasi windows 11 tidak jauh berbeda dengan windows 10, paling ada beberapa tambahan saat mau membuat user dan juga harus memasukan email microsoft. itu juga bisa kalian lewati jadi seolah olah kita menginstall secara offline.


Penutup

Mungkin cukup sekian pembahasan kami tentang Cara Bypass pemeriksaan TMP Saat install windows 11, semoga apa yang saya tulis bisa bermanfaat, jangan lupa untuk membagikan tulisan ini kepada teman atau saudara yang membutuhkan, jika ada pertanyaan silahkan tulis pada kolom komentar agar saya bisa langsung memberikan respon dan juga bisa dilihat oleh semua orang yang mengunjungi tulisan ini, terimakasih.


Posting Komentar untuk "Cara Bypass Pemeriksaan TPM Saat Install Windows 11"