Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Windows

 

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Windows - italazhar.com

Bluetooth merupakan sebuah sarana yang dapat dimanfaatkan untuk menghubungkan jaringan secara pribadi dengan perangkat yang berdekatan, bluetooth digunakan untuk berbagi sebuah file atau data dari suatu perangkat ke perangkat lainnya.

Namun, biasanya kita jarang sekali menggunakan bluetooth di laptop karena lebih sering menggunakan laptop untuk bekerja, mengerjakan tugas sekolah, atau bermain game, dibanding dengan menggunakan bluetooth pastinya kita lebih sering menggunakan koneksi wifi dan USB untuk melakukan transfer data. Bluetooth di laptop umumnya digunakan untuk menghubungkan perangkat input komputer atau laptop seperti keyboard bluetooth, mouse bluetooth, headset bluetooth, dan lain sebagainya.

Baca JugaCara Memilih Laptop Untuk Mahasiswa

Padahal, jika dilihat dari segi kelebihan yang dimilikinya, bluetooth mempunyai sistem yang lebih aman untuk melakukan transfer data jika dibandingkan dengan USB. Selain itu, menggunakan bluetooth juga terkesan lebih praktis karena kita tidak perlu repot-repot memasang dan mencopot USB dari satu perangkat ke perangkat lain yang jika dilakukan dengan sering dapat mengakibatkan rusaknya port USB pada laptop.

Apalagi jika kamu sering memasang USB di perangkat yang tidak dikenal, bisa jadi laptop kamu akan diserang oleh virus yang dapat membahayakan. Untuk itu, kamu bisa meminimalisir risiko tersebut dengan menggunakan bluetooth.

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop

Versi bluetooth saat ini sudah memasukin generasi ke 5, namun versi bluetooth yang paling populer dan banyak digunakan adalah generasi ke 4 atau bluetooth 4.0. Karena masih jarang orang yang menggunakan bluetooth di laptop Windows, pastinya hanya sedikit yang paham bagaimana cara mengaktifkan bluetooth di laptop.

1. Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Windows 7 & 8

Untuk kamu yang menggunakan versi Windows 7 dan Windows 8, cara mengaktifkannya hampir sama, yaitu seperti berikut ini.

  1. Masuk ke menu Start.
  2. Lalu, cari menu Control Panel.
  3. Cari menu Devices and Printers, lalu pilih Change Bluetooth Settings.
  4. Setelah itu akan muncul jendela baru bernama Bluetooth Settings.
  5. Selanjutnya pilih tab Options dan ceklis semua pilihan yang ada, seperti Allow Bluetooth devices to find this computer, Allow Bluetooth devices to connect to this computer, dan Alert me when a new Bluetooth device wants to connect.
  6. Lalu, klik Apply dan OK.

Fungsi yang kamu ceklis tersebut berfungsi untuk membolehkan perangkat lain mencari bluetooth kamu, membolehkan perangkat lain untuk terhubung dengan bluetooth kamu, dan memunculkan pemberitahuan jika ada perangkat yang ingin terhubung ke bluetooth kamu.

2. Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Windows 10

Sebelum kamu mengaktifkan bluetooth di laptop Windows 10 pastikan bahwa laptop kamu sedang tidak dalam kondisi mode pesawat atau airplane mode, untuk mengetahuinya kamu bisa masuk ke menu Start, lalu Settings, pilih menu Network & Internet, pilih OFF pada bagian Airplane Mode. 

Sedangkan untuk kamu yang menggunakan laptop dengan sistem operasi Windows 10, bisa mengikuti cara berikut ini.

  1. Buka menu Start.
  2. Pilih menu Settings.
  3. Klik Devices.
  4. Lalu pilih Bluetooth & other devices.
  5. Selanjutnya aktifkan bluetooth dengan cara menggeser ikon hingga berwarna biru atau dalam posisi ON.
  6. Jika bluetooth dalam kondisi mati, kamu bisa pilih menu More Bluetooth Option atau Advanced Bluetooth Settings dan pilih Related Settings.
  7. Selanjutnya silahkan centang pada bagian Allow Bluetooth devices to find this PC yang ada pada tab Option dan bagian Discovery.
  8. Terakhir, klik Apply.

3. Menggunakan Tombol Fn

Selain kedua cara di atas, kamu juga bisa mengaktifkan bluetooth dengan cara yang lebih simple, yaitu dengan menggunakan tombol shorcut Fn + icon bluetooth. Setiap laptop yang dilengkapi dengan fitur bluetooth umumnya dilengkapi dengan tombol icon bluetooth yang terdapat di bagian atas keyboard. Untuk cara mengaktifkan bluetooth dengan tombol Fn + icon bluetooth seperti berikut.

  1. Yang paling utama, pastikan laptop sudah menyala.
  2. Pastikan laptop tidak dalam mode pesawat atau airplane mode.
  3. Selanjutnya, cari icon bluetooth yang ada pada keyboard. Kamu dapat mencari icon keyboard di salah satu tombol antara F1 hingga F12, karena setiap laptop mempunyai tempat yang berbeda-beda, maka kamu harus mencarinya sendiri.
  4. Misal icon bluetooth kamu terdapat di F6, maka pencet tombol Fn dan F6 secara bersamaan.
  5. Lalu, tunggu hingga icon bluetooth muncul pada bagian task bar di sebelah kanan.
  6. Sekarang bluetooth kamu sudah aktif, agar bluetooth dapat tersambung dengan perangkat lain kamu bisa mengklik icon bluetooth tersebut sebanyak 2 kali.
  7. Selanjutnya pilih perangkat yang kamu inginkan.
  8. Selesai.

4. Mengaktifkan Bluetooth Melalui Device Manager

Untuk mengaktifkan bluetooth di laptop yang selanjutnya kamu bisa melalui pengaturan di Device Manager. Namun, sebelumnya kamu harus telah melakukan penginstalan software bluetooth terlebih dahulu. Cara yang satu ini tergolong ribet karena memang dikhususkan jika kamu tidak bisa mengirim atau menerima file walaupun sudah melakukan instalasi software bluetooth. Berikut cara mengaktifkan bluetooth laptop melalui device manager.

  1. Pencet tombol Windows + X secara bersamaan
  2. Pilih Device Manager.
  3. Pilih menu Bluetooth dan klik menu dropdown agar sub menu dari bluetooth dapat muncul
  4. Selanjutnya klik kanan pada icon bluetooth yang kamu gunakan, dan pilih Enable Device
  5. Jika kamu sudah menggunakannya dan ingin mematikan bluetooth, kamu tinggal memilih Disable Device.

5. Melalui Menu Settings atau Pengaturan

Cara mudah lainnya untuk mengaktifkan bluetooth di laptop Windows adalah melalui menu settings atau pengaturan. Caranya juga sangat mudah dan cepat untuk dilakukan, berikut langkah-langkahnya.

  1. Nyalakan laptop terlebih dahulu
  2. Lalu klik menu Start di pojok kiri bawah layar
  3. Klik icon Setting atau Pengaturan yang bergambar gear
  4. Setelah masuk ke menu pengaturan, selanjutnya kamu bisa memilih menu Device.
  5. Pilih Bluetooth & other devices pada tab Devices.
  6. Selesai, disana kamu bisa nyalakan atau matikan bluetooth dengan mudah

Jika bluetooth kamu sudah aktif maka akan muncul tulisan ON dan jika bluetooth mati akan muncul tulisan OFF.

6. Menggunakan Dongle USB Bluetooth

Dongle USB Bluetooth merupakan sebuah alat untuk mengaktifkan bluetooth yang dipasang dengan cara mencoloknya di port USB laptop, sekilas bentuknya sangat mirip dengan flashdisk namun Dongle USB Bluetooth mempunyai antena receiver. Kamu bisa menggunakan Dongle USB Bluetooth jika laptop kamu tidak mendukung bluetooth dan tidak ada icon bluetooth di tombol keyboard.

Itu dia beberapa cara mengaktifkan bluetooth di laptop Windows yang dapat kamu lakukan dengan mudah, siapapun bisa dengan mengikuti cara di atas. Cara di atas sudah dijamin berhasil karena sudah dicoba terlebih dahulu. Semoga artikel ini dapat membantu kamu untuk menyalakan bluetooth di laptop.

Baca JugaCara Ampuh Mengatasi Laptop Lemot

Penutup

Mungkin cukup sekian pembahasan saya tentang Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Windows, Jika ada pertanyaan silahkan tulis pada kolom komentar, Terimakasih ata pseratianya dan sampai jumpa lagi.


Posting Komentar untuk "Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Windows"