Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merekam Layar Laptop Windows 11 Tanpa Aplikasi dan Dengan Aplikasi

 

Cara Merekam Layar Laptop Windows 11 Tanpa Aplikasi dan Dengan Aplikasi

italazhar.com - Dalam merekam layar pada Windows 11, kamu memiliki dua opsi yaitu dengan aplikasi atau tanpa aplikasi. Keduanya sama-sama baik dan bisa kamu gunakan untuk berbagai keperluan baik saat kerja atau keperluan lainnya.

Aktivitas rekam layar memang sering dilakukan oleh sebagian orang dan untuk hal-hal yang biasa umumnya tanpa aplikasi. Ada beberapa cara screen record Windows 11 tanpa aplikasi yang bisa kamu lakukan. Untuk cara ini kamu tinggal menggunakan aplikasi bawaan yang ada di Windows versi terbaru ini.

Baca JugaCara Mengunci Folder di Laptop Windows 11

Cara Rekam Layar (Screen Record) Tanpa Aplikasi

Untuk cara screen record Windows 11 dapat dilakukan oleh semua penggunaannya dan memang aplikasi bawaannya. Penggunaan aplikasi bawaan ini karena kamu tidak perlu lagi membayar bulanan atau lifetime di pihak ketiga penyedia rekam layar.

Dengan demikian, kamu bisa menggunakan aplikasi ini dan bisa dinikmati secara gratis alias tanpa biaya. Sehingga, kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk melakukan screen record pada laptop atau PC. Daripada penasaran, berikut beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk rekam layarnya.

  1. Tentukan terlebih dahulu layar mana yang akan di rekam dengan aplikasi ini. Dalam hal ini, kamu bisa merekam berbagai hal seperti game, browsing, software atau tampilan lainnya di layar.
  2. Langkah selanjutnya, kamu bisa menekan Windows+G pada keyboard dan akan ditampilkan aplikasinya.
  3. Untuk memulai proses perekaman, kamu bisa menekan tombol capture yang ada di bagian tengah.
  4. Jika tampilan layar sudah siap untuk direkam maka kamu bisa memulai dengan menekan start recording. Tombol ini posisinya berada di nomor dua dari sebelah kiri pada aplikasi.
  5. Ketika kamu ingin menghentikan perekaman maka bisa menggunakan shortcut dengan cara tekan Windows+G.

Pada tahap di atas, kamu sudah selesai melakukan perekaman dan bisa melihat hasilnya di PC atau laptop. Untuk melihat hasilnya, kamu bisa membuka file explorer lalu masuk pada menu video dan pilih capture. 

Pada menu tersebut, kamu bisa melihat semua rekaman yang kamu lakukan dengan aplikasi ini. Jika ingin melakukan rekaman kembali kamu bisa mengikuti semua langkah yang dijelaskan di atas itu. 

Tidak ada batasan dalam proses rekam layar tanpa aplikasi dengan menggunakan Windows 11 ini. Kamu bebas melakukan rekamanan kapanpun dan dimanapun dengan aplikasi bawaan yang ada di versi terbaru dari Windows ini.

Selain dengan aplikasi, kamu juga bisa melakukan recording dengan menggunakan aplikasi tertentu. Proses penggunaan aplikasi tersebut umumnya berbayar baik bulanan atau lifetime tetapi ada juga yang  tidak berbayar.

Baca JugaCara Bypass Pemeriksaan TPM Saat Install Windows 11

Cara Rekam Layar Dengan Aplikasi

Selain tanpa aplikasi, kamu juga bisa melakukan recording dengan menggunakan aplikasi tertentu. Banyak sekali aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan aktivitas ini dan bisa juga dijalankan di Windows eleven. 

Dari sekian banyak aplikasi, kamu perlu melakukan seleksi agar hasil rekamannya bisa sesuai keinginan. Daripada penasaran, berikut beberapa aplikasi yang bisa kamu lakukan untuk melakukan perekaman di layar laptop.

Free Cam

Salah satu aplikasi yang bisa kamu lakukan untuk merekam seluruh aktivitas di layar laptop adalah Free Cam. Dengan aplikasi ini, kamu akan terhindar dari yang namanya iklan yang umumnya muncul di aplikasi berbayar.

Dengan tanpa iklan proses merekam di layar akan lebih mudah dan cepat selesai. Untuk prosesnya sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapapun sekaligus bisa mengedit rekaman. Jadi kamu bisa memotong beberapa bagian yang ada di rekamanan dan dipotong sesuai keinginan.

Jika kamu berkeinginan untuk menggunakannya, Free Cam terdiri dari dua versi yaitu berbayar dan free. Untuk versi berbayar, kamu perlu menyiapkan uang sebanyak 227$ per tahunnya. Sedangkan untuk versi gratis, kamu bisa menikmati seluruh fitur meskipun tidak selengkap yang berbayar.

Pada versi gratis rasanya sudah cukup jika tidak menggunakan beberapa tools karena sudah tanpa watermark. Jadi hasil rekaman yang didapatkan tanpa logo atau tulisan dari aplikasi Free Cam ini.

ActivePresenter

Opsi software lainnya yang bisa digunakan untuk merekam layar adalah ActivePresenter. Aplikasi ini tidak hanya melakukan rekaman tetapi bisa melakukan edit video, menambahkan kata-kata dan beberapa fitur lainnya.

Untuk rekam layar, kamu bisa memilih dua opsi yaitu menggunakan yang berbayar atau versi gratis. Untuk kedua versi tersebut, semuanya tidak akan ada iklan dan juga tanpa watermark dari hasil rekamannya.

Dengan demikian proses rekaman lancar dan video yang dihasilkan original dan tanpa dibubuhi logo dari aplikasi tersebut. Bukan hanya itu, kualitas video yang dihasilkan juga sangat bagus dan resolusinya cukup bagus.

Debut Video Capture

Selain software di atas, kamu juga bisa menggunakan Debut Video Capture untuk melakukan screen record. Aktivitas ini bisa kamu lakukan dengan mudah di laptop atau di PC dan tentunya gratis alias tanpa biaya.

Bukan hanya itu, kamu juga bisa melakukan rekaman dan hasil yang didapatkan tanpa dibubuhi watermark. Dengan demikian, keaslian dari videonya terjaga dan seperti menggunakan software yang premium.

OBS Studio

Jika menyebut nama OBS Studio, rasanya sudah tidak asing lagi dan dikenal oleh banyak gamers di seluruh dunia. Sehingga aplikasi ini tidak hanya masyhur di luar negeri tetapi di Indonesia pun banyak sekali orang yang menggunakannya.

Penggunanya semakin banyak karena software ini full gratis dan tidak ada versi premiumnya. Dengan demikian, kamu bisa mendownloadnya langsung dari situs resmi dan menggunakan di laptop atau PC. 

Ezvid

Bagi kamu yang menginginkan aplikasi untuk merekam aktivitas di layar bisa menggunakan Ezvid. Software satu ini bukan hanya mudah penggunaannya tetapi kapasitasnya tergolong kecil sehingga ringan saat dijalankan.

Kelebihan lainnya yang ada pada software tersebut adalah performanya sangat bagus dan tergolong cepat. Jadi saat kamu menjalankan software ini jarang sekali terjadi ngelag sehingga kualitas rekamannya bisa diandalkan.

Bukan hanya itu saja, saat melakukan rekaman kamu juga bisa menambahkan musik tertentu di dalamnya. Dengan demikian hasil rekamannya tidak terlihat monoton dan lebih menarik ketika dilihat hasilnya.

Baca JugaCara Mengatasi Laptop Lemot Windows 11

Dengan semua aplikasi di atas, proses rekamannya hampir sama dan bisa digunakan meskipun oleh orang awam. Untuk proses awal, kamu bisa mencari tombol start recording pada aplikasi dan untuk menghentikan tinggal memilih tombol stop. 

Dengan langkah di atas maka proses rekam layar dengan menggunakan Windows 11 akan berjalan lancar. Untuk masalah kualitasnya juga hampir sama khususnya jika kamu menggunakan yang versi gratisan.

Penutup

Itulah beberapa hal terkait cara merekam layar dengan Windows 11 baik dengan aplikasi atau tanpa aplikasi. Keduanya bisa kamu gunakan sesuai kebutuhan dan jika butuh fitur yang lebih maka bisa menggunakan aplikasi. Untuk masalah kualitas antara yang menggunakan aplikasi atau tidak menggunakan aplikasi tidak jauh berbeda.


Posting Komentar untuk "Cara Merekam Layar Laptop Windows 11 Tanpa Aplikasi dan Dengan Aplikasi"