Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memilih Laptop Untuk Mahasiswa

 

Cara Memilih Laptop Untuk Mahasiswa - italazhar.com

Di zaman yang serba digital seperti saat ini, laptop merupakan salah satu perangkat penting bagi mahasiswa atau pelajar untuk menunjang aktivitas sehari-hari seperti belajar dan mengerjakan tugas. Namun, masalah yang sering dihadapi adalah banyak pelajar atau mahasiswa yang bingung untuk memilih laptop yang tepat, karena saat ini ada banyak sekali jenis dan brand yang memproduksi laptop.

Baca JugaCara Cleaning Printer Yang Baik dan Benar Untuk Semua Jenis

Untuk itu dalam memilih laptop untuk mahasiswa dibutuhkan kesabaran dan ketelitian untuk memahami spesifikasi laptop. Kamu harus menyesuaikan spesifikasi laptop dengan kegiatan atau aktivitas yang akan dilakukan, misal kamu mengambil jurusan komputer, pastinya kamu harus mempunyai laptop yang cocok untuk coding atau jika kamu mengambil jurusan multimedia, pastinya kamu harus memilih laptop dengan spesifikasi yang tinggi untuk mengedit dan merender video.

Cara Memilih Laptop Untuk Mahasiswa

Karena setiap jenis laptop sudah mempunyai fungsinya masing-masing atas permintaan para konsumen, untuk itu kamu harus teliti dalam memilih spesifikasi yang ada pada laptop. Nah, berikut ini sudah kami rangkum beberapa cara memilih laptop yang baik dan benar untuk mahasiswa dari beberapa sumber terpercaya.

1. Menyesuaikan Budget

Hal yang paling utama sebelum kita membeli sesuatu barang adalah harus memperhatikan budget terlebih dahulu. Sama halnya dengan memilih laptop, kamu harus menyesuaikan budget yang kami miliki dengan spesifikasi laptop yang kamu butuhkan. Karena setiap orang pastinya mempunyai kemampuan budget yang berbeda-beda. Jika kamu mempunyai budget yang minim, sebisa mungkin kamu harus memilih laptop dengan lebih bijak.

Bagi mahasiswa, umumnya membutuhkan laptop untuk menjalankan kegiatan-kegiatan ringan, seperti mengerjakan tugas melalui Microsoft Word, membuat slide presentasi atau menjalankan beberapa aplikasi khusus yang dibutuhkan untuk materi kuliah. Jika itu yang kamu butuhkan, maka budget yang harus kamu siapkan mulai dari 3 Juta sampai 4 Juta Rupiah saja, karena saat ini sudah banyak laptop murah yang cukup untuk mendukung aktivitas-aktivitas ringan.

Dengan budget yang kamu miliki, kamu bisa menyesuaikan jenis laptop yang ingin kamu beli, kamu bisa memilih antara laptop Windows, Mac, atau Chromebook. Masing-masing jenis laptop tersebut mempunyai keunggulan masing-masing. Jika kamu mempunyai budget berlebih kamu bisa menggunakan Mac yang mempunyai kualitas material dan komponen premium. Atau jika kamu menyukai desain yang minimalis dan kompatibel dengan aplikasi Android di Play Store kamu bisa memilih Chromebook. Namun, tetap menurut saya yang paling cocok digunakan oleh manusia adalah laptop Windows karena mempunyai harga yang lebih terjangkau dan mudah untuk dikustomisasi.

2. Melihat Spesifikasi Laptop

Setelah itu, kamu harus melihat spesifikasi laptop secara teliti, karena pastinya setiap jurusan di kampus mempunyai kebutuhan yang berbeda pada tugas atau kegiatan yang akan dilakukan. Apabila kamu mengambil jurusan diluar teknik, seperti ekonomi, bahasa, atau pendidikan, maka umumnya kamu bisa menggunakan laptop dengan spesifikasi RAM 2 GB dan Processor Intel, karena dengan spesifikasi tersebut sudah cukup untuk mengerjakan tugas dan melakukan browsing. Namun, jika kamu mengambil jurusan teknik, seperti teknik informatika, komputer, atau sipil pastinya akan membutuhkan spesifikasi laptop yang lebih tinggi dengan miniimal RAM 4 GB dan VGA minimal 2 GB.

Karena laptop mahasiswa jurusan teknik mempunyai kebutuhan untuk menjalankan aplikasi atau software yang berat, seperti untuk mengedit foto, video, hingga membuat animasi dan desain. Untuk mengerjakan itu semua dibutuhkan aplikasi seperti Adobe Photoshop, After Effect, Corel Draw dan lain sebagainya yang membutuhkan performa tinggi.

3. Memperhatikan Desain Laptop

Kegiatan saat kuliah pastinya sangat berbeda jika dibandingkan saat masih sekolah dulu, karena saat kuliah pastinya kamu sering berpindah-pindah kelas sehingga kamu membutuhkan laptop yang mendukung mobilitas kamu. Untuk itu, kamu harus memilih laptop yang memiliki ukuran yang ringan dan desain yang minimalis agar kamu tidak kesulitan saat membawanya berpindah tempat.

Selain ukuran yang ringan kamu juga harus memperhatikan style dari laptop agar style kamu saat kuliah tidak norak atau ketinggalan jaman. Untuk itu, kamu bisa memilih laptop dengan tampilan yang mewah dan elegan.

Umumnya laptop keluaran terbaru saat ini memiliki ukuran layar mulai dari 13, 14, 15, 16, 17, hingga 18 inci. Jika kamu menyukai laptop dengan ukuran yang minim dan berat yang ringan, maka kamu bisa memilih laptop dengan ukuran layar 13 atau 14 inci, jika kamu ingin layar yang lebih besar namun masih tergolong ringan, maka kamu bisa memilih laptop dengan ukuran layar 15 atau 16 inci, namun untuk kamu yang ingin mempunyai layar yang lebih besar untuk mendukung aktivitas desain dan editing disarankan untuk memilih laptop dengan ukuran 17 hingga 18 inci. Yang perlu menjadi catatan kamu adalah semakin besar ukuran layar maka semakin besar spesifikasi dan beratnya.

4. Memilih Laptop Yang Sudah Terinstall Windows Original

Tips memilih laptop untuk mahasiswa selanjutnya adalah memilih laptop yang sudah include dengan Windows original, karena hal ini akan menguntungkan kamu, karena jika kamu membeli Windows secara terpisah maka budget yang kamu keluarkan akan lebih tinggi lagi. Saat ini sudah banyak tempat menjual laptop yang sudah menyediakan Windows original, jadi kamu tidak perlu risau.

5. Melihat Kapasitas Baterai

Baterai merupakan komponen pada laptop yang dapat diibaratkan sebagai nyawanya laptop. Kamu harus pandai memilih laptop dengan kapasitas baterai yang mumpuni agar dapat menunjang aktivitas kamu saat kuliah. Karena akan ribet sekali jika kamu harus mencolok charger setiap ingin menggunakan laptop di kampus. Saran saya pilihlah laptop yang mempunyai kapasitas baterai yang dapat bertahan minimal 8 hingga 12 jam.

6. Melihat Kemampuan Multitasking

Saat kita mengerjakan tugas kuliah pastinya kita tidak hanya membuka 1 aplikasi saja, minimal bisa 2 hingga 3 aplikasi yang berjalan bersamaan, seperti membuka Microsoft Word untuk mengerjakan tugas, Google Chrome untuk browsing, dan Spotify untuk mendengarkan lagu. Untuk itu kamu harus memilih laptop yang dapat mendukung aktivitas multitasking tersebut, caranya adalah dengan memilih laptop yang didukung dengan processor dan RAM yang cukup mumpuni.

7. Membeli Laptop Yang Bergaransi

Cara memilih laptop untuk mahasiswa yang terakhir adalah dengan membeli laptop yang bergaransi. Garansi ini sangat penting jika suatu saat nanti laptop kamu mengalami kerusakan, Umumnya laptop yang dijual oleh distributor saat ini dilengkapi dengan garansi selama 1 tahun. Hal ini cukup menguntungkan karena jika dalam 1 tahun tersebut laptop sudah mengalami kerusakan, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya.

Baca JugaCara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Windows

Penutup

Itu dia beberapa cara memilih laptop untuk mahaiswa yang baik dan benar agar kamu tidak salah membeli laptop dan menyesal. Cara-cara di atas dapat kamu jadikan referensi sebelum membeli laptop, terima kasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat.


Posting Komentar untuk "Cara Memilih Laptop Untuk Mahasiswa"