Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Ampuh Mengatasi Laptop Lemot

 

Cara Mengatasi Laptop Lemot - italazhar.com

Saat ini hampir semua kegiatan kita membutuhkan perangkat laptop, baik untuk menunjang aktivitas pekerjaan maupun tugas sekolah. Semakin sering dan lama digunakan, pastinya performa laptop akan semakin menurun, saat membuka aplikasi atau software pastinya akan terasa sekali laptop akan lebih lama memprosesnya dibanding sebelum-sebelumnya.

Jika kamu sudah mengalami hal tersebut, kamu tidak perlu risau apalagi sampai mengganti laptop dengan yang baru, karena ada banyak cara mengatasi laptop lemot yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi hal tersebut.

Baca JugaCara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Windows

Cara Mengatasi Laptop Lemot

Beberapa cara agar laptop tidak lemot berikut ini dapat kamu lakukan sendiri sehingga dapat menghemat biaya jika dibandingkan membawanya ke tempat servis laptop. Nah, berikut ini beberapa cara mengatasi laptop lemot dengan cepat yang sudah kami rangkum dari beberapa sumber terpercaya.

1. Mengganti Harddisk dengan SSD

Saat ini tentunya kamu sudah tidak asing lagi dengan harddisk, jika kamu menggunakan laptop keluaran lama pastinya laptop yang kamu gunakan masih menggunakan harddisk sebagai media penyimpanan. Namun saat ini sudah ada teknologi terbaru yang bernama SSD yang sudah banyak digunakan oleh laptop atau komputer keluaran terbaru.

SSD dinilai lebih baik dalam memproses data karena dari segi teknologi yang digunakan berbeda dengan harddisk. Dalam memproses data, harddisk menggunakan gerakan piringan sehingga data diproses dengan jeda, sedangkan SSD menggunakan sistem digital sehingga tidak ada jeda yang terjadi saat memproses data.

SSD dinilai mempunyai performa baca dan tulis 25 sampai 100 kali lipat lebih cepat dibanding dengan harddisk. Saat kamu mengganti harddisk dengan SSD akan terasa sekali perubahannya, seperti membuka aplikasi dapat lebih cepat, proses booting yang cepat, dan melakukan multitasking dengan nyaman. Untuk itu cara ini sangat ampuh untuk mengatasi laptop yang lemot.

2. Menghapus Software atau Aplikasi Yang Tidak Penting

Salah satu penyebab yang sering menyebabkan laptop menjadi lemot dan lag adalah banyaknya software atau aplikasi yang di instal, padahal belum tentu software atau aplikasi tersebut sering digunakan. Untuk itu, kamu harus mengecek kembali daftar aplikasi yang terinstal pada laptop, jika ada beberapa software atau aplikasi yang sudah tidak digunakan lagi maka lebih baik di uninstall atau hapus.

Tujuan menghapus software atau aplikasi yang sudah tidak digunakan ini sangat penting, karena akan menambah kapasitas memori sehingga laptop dapat lebih cepat melakukan proses data.

3. Menggunakan Antivirus

Antivirus merupakan aplikasi yang sangat penting untuk laptop. Karena saat ini banyak sekali virus atau malware yang dapat menyerang laptop kamu yang dapat menyebabkan laptop menjadi lemot. Ibarat manusia, antivirus merupakan salah satu obat untuk mencegah penyakit yang bisa menyerang kesehatan laptop.

Kamu bisa mendownload antivirus secara gratis, beberapa antivirus yang kami rekomendasikan adalah Kaspersky, Avast, Avira, AVG, dan lain sebagainya. Jika kamu sudah mendownload antivirus, langkah selanjutnya adalah kamu harus melakukaan scan secara rutin untuk memastikan tidak ada virus yang menyerang laptop atau jika sudah ada virus yang menyerang sebelumnya dapat segera diatasi.

4. Upgrade RAM

Cara mengatasi laptop lemot selanjutnya adalah dengan mengupgrade kapasitas RAM. RAM merupakan komponen yang berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan data sementara saat laptop sedang digunakan dan dapat diakses secara acak. RAM mempunyai fungsi penting dalam mendukung kinerja laptop, terutama saat digunakan untuk bermain game atau membuka software yang berat.

Namun, sebelum kamu membeli RAM, kamu harus mengecek terlebih dahulu apakah masih ada slot kosong yang tersedia, setelah itu jangan lupa untuk mengetahui tipe RAM yang digunakan (DIMM atau SODIMM), serta kapasitas dan kecepatannya. Umumnya upgrade RAM ini sangat penting untuk laptop yang hanya mempunyai kapasitas RAM 2 GB atau 4 GB.

5. Menggunakan Cooling Pad atau Kipas Laptop

Laptop yang digunakan dalam waktu yang lama pastinya akan mengalami panas berlebih atau overheat yang dapat mempengaruhi performa dari laptop kamu, untuk itu kamu harus menggunakan cooling pad atau kipas laptop agar suhu laptop dapat terjaga dengan baik.

Hal ini sangat penting terutama untuk kamu yang sering bermain game di laptop dalam waktu yang lama, jika kamu terus mendiamkan laptop dalam keadaan overheat nantinya akan berdampak terhadap komponen lainnya yang bisa berakibat kerusakan yang lebih fatal. Harga dari cooling pad atau kipas laptop juga cukup terjangkau dan dapat dibeli melalui toko online yang ada di Indonesia.

6. Melakukan Perawatan Secara Rutin

Melakukan perawatan secara rutin pada laptop merupakan salah satu hal yang penting agar laptop tidak lemot, sayangnya hal ini seringkali dilupakan oleh kebanyakan orang. Perawatan yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah seperti membersihkan hardware seperti kipas, motherboard, dan lain sebagainya dari debu yang masuk. Hal ini juga dapat mencegah laptop agar tidak cepat panas saat digunakan.

7. Membersihkan Cache Secara Berkala

Cache atau file sampah yang sudah menumpuk banyak dapat menjadi salah satu faktor penyebab laptop lemot loh. Kamu bisa membersihkannya dengan cara seperti berikut ini.

  • Pencet tombol Windows + R.
  • Ketik %temp%, lalu enter.
  • Setelah itu kamu akan melihat daftar cache atau temporary files yang ada di laptop kamu
  • Kamu bisa menghapus semua file tersebut

Jika kamu tidak pernah membersihkan file tersebut sebelumnya pastinya akan muncul banyak sekali temporary files yang sudah menumpuk yang bisa menyebabkan laptop kamu lemot saat digunakan, cara lain untuk menghapus cache atau temporary files di laptop seperti berikut ini.

  • Buka File Manager.
  • Klik kanan pada drive C atau D
  • Klik Properties.
  • Pilih menu General.
  • Klik Disk Cleanup.
  • Selesai

8. Menggunakan Software Booster

Jika kamu sedang menjalankan aplikasi yang berat, kamu bisa menggunakan software atau aplikasi booster yang dapat meningkatkan performa kinerja laptop menjadi lebih maksimal. Saat ini ada banyak sekali aplikasi booster yang bisa kamu gunakan, contohnya adalah CCleaner dan Advance System Care.

Nantinya software atau aplikasi booster tersebut mempunyai cara tersendiri dalam meningkatkan performa laptop, seperti membersihkan cache dan cookies, menghapus history browser, menghapus file di recycle bin, dan lain sebagainya.

Menurut kami, software booster cukup penting untuk kamu yang memiliki laptop dengan spesifikasi yang rendah.

Baca JugaPerbedaan Printer Inkjet dan Laserjet Yang Harus Kamu Ketahui

Penutup

Nah, itu dia beberapa cara mengatasi laptop lemot atau lag yang bisa kamu lakukan. Sebenarnya hal yang paling sederhana agar laptop tidak lemot adalah kamu harus menyesuaikan aktivitas yang kamu lakukan dengan spesifikasi laptop yang kamu gunakan. Karena ada beberapa laptop yang dikhususkan untuk menjalankan program untuk kerja atau sekolah, bermain game, hingga mengedit video. Semakin berat program yang dijalankan membutuhkan spesifikasi laptop yang lebih tinggi.


Posting Komentar untuk "Cara Ampuh Mengatasi Laptop Lemot"