Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 11

 

Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 11 - italazhar.com

italazhar.com - Windows 11 merupakan salah satu sistem operasi yang trending di media sosial dan menjadi banyak perbincangan. Sistem operasi ini mulai viral sejak dirilis pertama kali karena fitur yang diusungnya sangat powerful dan interface mirip dengan MacOS.

Karena trendingnya itu maka banyak pengguna yang mulai beralih dari windows 10 ke Windows 11. Untuk peralihan ini tidak mudah karena ada beberapa laptop yang support dan ada juga yang tidak support.

Untuk yang tidak support salah satu solusinya adalah menggunakan flashdisk untuk digunakan. Dalam menggunakan flashdisk, kamu harus membuat Bootable terlebih dahulu agar nantinya bisa digunakan.


Persiapan yang Perlu Kamu Lakukan

Sebelum membuatnya, kamu perlu mempersiapkan berbagai hal agar Windows 11 nantinya bisa berhasil di-install di perangkat. Untuk persiapannya ini sangat mudah dan berikut beberapa persiapan yang perlu kamu lakukan :

  1. Flashdisk dengan kapasitas minimal 8GB dan pastikan di dalamnya tidak terdapat data yang penting. Hal ini diinformasikan karena isi yang ada di dalam flashdisk akan terformat dan seluruh data di dalamnya hilang.
  2. File Windows 11 ISO yang bisa di ambil dari situs resminya (Microsoft) atau bisa juga langsung kesini : Cara Download Windows 11 dari Microsoft
  3. Aplikasi Rufus juga bisa kamu ambil dari situs resminya atau bisa klik disini.

Dari sekian persiapan ini rasanya tidak perlu semua dijelaskan kecuali aplikasi yang akan digunakan yaitu Rufus. Beberapa pengguna terkadang masih belum mengetahui sepenuhnya tentang aplikasi tersebut.


Mengenal Aplikasi Rufus

Rufus merupakan salah satu aplikasi yang dibuat oleh Pete Batard dari media Okleo Consulting. Rufus tergolong aplikasi portable yang penggunaannya tidak perlu di install di perangkat baik laptop atau PC. 

Fungsi utama dari aplikasi tersebut adalah untuk membuat bootable dan bisa digunakan di flashdisk. Sebelum digunakan di flashdisk, Rufus biasa digunakan di DVD atau CD dengan fungsi yang sama seperti di flashdisk. 

Seiring perkembangan zaman akhirnya ada peralihan dari  DVD ke flashdisk karena penggunaannya sangat praktis. Untuk menggunakannya, kamu membutuhkan file ISO dan bagian ini nantinya dimasukkan ke flashdisk dengan bantuan aplikasi tersebut.

Dengan menggunakan flashdisk maka penggunanya akan lebih mudah karena tinggal di colokkan ke perangkat. Selanjutnya, kamu bisa melakukan proses instalasi Windows 11 yang ada di perangkat yang kamu miliki. 


Cara Membuat Bootable Dengan Rufus

Setelah proses perkenalan, kamu bisa langsung membuat bootable dengan menggunakan flashdisk dan aplikasi Rufus. Dengan kedua itu, kamu bisa mengikuti beberapa langkah berikut dengan seksama.

  1. Masukkan flashdisk kosong ke perangkat baik PC atau laptop.
  2. Dari aplikasi Rufus Windows 11 yang sudah di-download, kamu tinggal menggunakannya. Sebab, aplikasi tersebut formatnya portable dan bisa kamu gunakan tanpa perlu di instal.
  3. Ketika aplikasi dijalankan harusnya flashdisk yang sudah menyambung ke perangkat bisa terdeteksi dengan baik. Jika belum terdeteksi, kamu bisa mereject flashdisk lalu masukkan kembali ke perangkat yang ada.
  4. Pada boot selection, kamu bisa memilih Windows 11 ISO yang telah kamu download sebelumnya lalu pilih select.
  5. Untuk pengaturan selanjutnya bisa dilakukan di dua bagian yaitu partition scheme dan target system. Pada bagian pertama kamu bisa mensetting ke GPT dan target sistemnya pilih UEFI (non CSM).
  6. Untuk pengaturan selanjutnya bisa dilakukan dengan mengatur di bagian volume label. Pada bagian tersebut, kamu bisa menuliskan Win 11 Installer dan di bagian lainnya gunakan default saja. 
  7. Untuk bagian selanjutnya, kamu bisa mencentang bagian Quick format dan Create extended label and icon files. 
  8. Untuk langkah yang terakhir, kamu bisa mengklik start.

Dengan mengklik bagian tersebut, kamu tinggal menunggu proses bootable selesai dilakukan. Pada proses ini jangan sampai melakukan restart atau mematikan laptop karena prosesnya bisa gagal.

Jika prosesnya sudah 100% maka file ISO sudah ada di flashdisk dan kamu bisa melakukan install ulang. Untuk install ulang ini tidak harus di perangkat yang sama tetapi boleh di perangkat lainnya baik laptop atau PC. 

Baca JugaCara Download File ISO Windows 11


Membuat Bootable Tanpa Aplikasi

Selain dengan aplikasi Rufus, kamu juga bisa membuat bootable tanpa aplikasi tambahan di perangkat. Dengan demikian, kamu tidak perlu tambahan apapun dan lebih mengandalkan aplikasi bawaan dari Windows.

Umumnya aplikasi yang biasanya digunakan adalah Command Prompt dan Disk Management. Daripada penasaran, kamu bisa memulainya dengan cara mengikuti beberapa langkah berikut agar berhasil.

  1. Dari file Windows 11 ISO yang sudah di-download itu, kamu bisa ekstrak terlebih dahulu. Untuk melakukannya, kamu bisa winrar dan selanjutnya pilih extract to pada file tersebut. 
  2. Rename file yang sudah diekstrak lalu cari file bootmgr lalu ganti menjadi ntldr. 
  3. Selanjutnya kamu bisa beralih pada flashdisk lalu klik kanan dan pilih format. Pada bagian ini, kamu perlu mengganti file system menjadi NTFS dan mencentang Perform a quick format. Untuk bagian lainnya biarkan saja dan jika sudah sesuai, kamu bisa mengklik OK. 
  4. Buka Run As Administrator lalu ketikkan disk part dan list disk dan di masing-masing bagian kamu bisa klik enter. Tujuan langkah di atas untuk mengubah partisi menjadi aktif dan bisa terdeteksi bootable oleh sistem. 
  5. Pada halaman layar, kamu akan melihat beberapa list yang ada dan carilah kata flashdisk. Jika flashdisk ada di nomor tiga maka ketikkan select disk 3 dan klik enter. 
  6. Untuk langkah selanjutnya, kamu bisa mengetikkan select partition 1 lalu tekan enter. 
  7. Di langkah yang terakhir kamu bisa ketikkan active lalu pilih enter. 
  8. Untuk memastikan berhasil atau tidaknya kamu bisa mengetahui dari keluarnya kata Diskpart marked the current partition as active.
  9. Ketika proses di atas selesai dilakukan, kamu bisa mengcopy semua file yang ada di ekstrak ISO ke flashdisk.

Dalam proses ini kamu harus memperhatikan bahwa yang di-copy adalah isinya bukan foldernya. Jika folder yang di-copy maka flashdisk tidak dapat dilakukan untuk menginstall Windows 11 pada perangkat yang kamu miliki.

Setelah semuanya selesai dilakukan maka flashdisk bisa kamu gunakan untuk melakukan install ulang laptop atau PC. Untuk proses selanjutnya ini kamu harus tetap berpegangan bahwa ada spesifikasi tertentu untuk di-install Windows 11.

Jadi pastikan laptop atau PC yang kamu miliki sudah memenuhi syarat tersebut. Jika kamu mengabaikan jangan salah jika perangkat yang diinstal akan lemot dan susah untuk membuka beberapa aplikasi.

Hal terpenting dalam proses instalasi adalah proses pembuatan bootable berhasil dilakukan di flashdisk. Untuk membuatnya, kamu bisa memilih dengan aplikasi atau tanpa aplikasi dan pastikan flashdisk kosong. 

Jika masih ada data di dalamnya sebaiknya dipindahkan terlebih dahulu ke disk lain agar tidak hilang. Hal ini dilakukan karena untuk membuat bootable dan nanti flashdisk tersebut akan di-format sehingga semua data akan hilang.


Penutup

Mungkin cukup sekian pembahasan kami tentang Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 11, semoga tulisan ini bermanfaat dan jangan lupa untuk berkomentar jika ada yang ingin ditanyakan, Terimakasih.


Posting Komentar untuk "Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 11"