Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cleaning Printer Yang Baik dan Benar Untuk Semua Jenis

 

Cara Cleaning Printer Yang Baik dan Benar Untuk Semua Jenis - italazhar.com

Printer merupakan perangkat yang dapat mencetak data dari komputer, baik berbentuk teks maupun gambar yang dicetak pada sebuah kertas, kain, dan lain sebagainya. Dengan menggunakan printer, sekarang setiap orang dapat mencetak berbagai dokumen, gambar, foto, hingga objek tiga dimensi.

Agar printer dapat menghasilkan hasil cetak yang bagus, kamu harus menjaga kondisi printer agar tetap baik agar dapat digunakan dalam waktu yang lama. Karena tidak selamanya printer bekerja dengan baik menghasilkan hasil cetakan yang sempurna, kecuali memang printer yang kamu punya masih baru, tidak heran jika hasil cetakan yang dihasilkan akan terlihat baik.

Baca JugaCаrа Mеngаtаѕі Pеnуіmраnаn Pеnuh аgаr Hp Tidak Lemot

Namun, karena printer ini merupakan perangkat elektroni yang mudah rusak, tidak heran jika nantinya kamu akan mengalami berbagai masalah, seperti error, kebocoran tinta, hasil cetakan putus-putus, tinta yang tidak bisa keluar, printer tidak bisa menarik kertas, dan lain sebagainya. Nah, untuk mengatasi masalah printer yang mengalami kebocoran tinta atau tinta yang tidak bisa keluar, maka kamu bisa melakukan pembersihan atau biasa disebut dengan cleaning printer.

Cara Cleaning Printer

Teknik cleaning atau head cleaning pada printer merupakan salah satu cara untuk merawat printer dengan cara melakukan proses pembersihan serta pembuangan tinga yang beku di bagian bawah cartridge tinta. Untuk kamu yang belum paham bagaimana cara melakukannya, berikut ini akan kami jelaskan beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk cleaning printer yang bisa bekerja di semua jenis printer, seperti Epson, HP, Canon dan lain sebagainya.

Teknik cleaning ini juga sering digunakan oleh tukang servis printer untuk mengatasi hasil cetakan yang bergaris atau putus-putus. Ada beberapa tujuan dari teknik cleaning atau head cleaning pada printer, yaitu.

  • Agar tinta tidak luber dari nozzle, karena hal ini akan menyebabkan lubernya tinta pada kertas yang disebabkan oleh tinta yang menggumpal terbawa ke nozzle.
  • Agar melancarkan lubang nozzle ketika tinta keluar dari cartridge menuju head printer. Karena biasanya tinta dapat menggumpal di nozzle, sehingga aliran tinta dari cartride dapat tersumbat. Hal ini dapat mengganggu saat printer digunakan untuk mencetak.
  • Mengatasi kerusakan pada nozzle atau head printer, karena biaya yang dikeluarkan akan lebih besar apabila nozzle atau head printer tersebut rusak.

Cara Cleaning Printer Epson

Nah, untuk kamu yang menggunakan printer dari merk Epson, berikut ini cara cleaning printer Epson yang baik dan benar.

  1. Pilih menu Start.
  2. Klik menu Control Panel.
  3. Pilih Device and Printer.
  4. Selanjutnya akan muncul berbagai device yang terpasang pada laptop atau pc kamu.
  5. Pilih printer Epson yang kamu gunakan.
  6. Klik kanan di ikon printer.
  7. Pilih Printing preference.
  8. Klik Maintenance.
  9. Selanjutnya kamu bisa memilih Head Cleaning dan ikuti petunjuknya.
  10. Setelah itu kamu dapat menunggu beberapa menit hingga proses selesai, biasanya akan ditandai dengan indicator power yang berkedip, jika indicator power sudah berheti berkedip kamu bisa klik OK.
  11. Jika proses cleaning sudah selesai, kamu bisa memilih Nozzle Check untuk mengetahui apakah printer sudah lancar atau tidak.

Cara Cleaning Printer HP

Printer merk Hewlett Packard termasuk jenis printer yang banyak digunakan oleh sebagian orang di Indonesia, terutama di tukang fotocopy. Nah, jika kamu menggunakan printer dari Hewlett Packard atau HP berikut panduan cara cleaning printer yang baik dan benar.

  1. Pastikan terlebih dahulu printer sudah tersambung dengan komputer atau laptop kamu.
  2. Selanjutnya buka aplikasi HP Deskjet yang sudah terinstal, jangan lupa untuk menginstal drivernya terlebih dahulu, jika belum kamu bisa mendownload driver tersebut di situs resmi HP.
  3. Setelah itu klik Print.
  4. Pilih Maintain Your Printer.
  5. Setelah muncul jendela baru, pilih menu Device Service, lalu pilih Clean Ink Cartridges.
  6. Selanjutnya kamu bisa menunggu prosesnya hingga selesai
  7. Jika sudah selesai nanti akan muncul notifikasi Cleaning Has Completed.

Untuk mengecek perubahan dari hasil cleaning tadi, kamu bisa mengklik tombol Print dan lakukan sebanyak 3 kali, jika masih belum maksimal kamu bisa memilih menu second-level-clean.

Cara Cleaning Printer Canon

Sebenarnya cara cleaning untuk printer Canon hampir mirip dengan cara cleaning printer Epson. Untuk kamu yang menggunakan printer Canon, langkah yang dapat kamu lakukan adalah seperti berikut.

  1. Sambungkan printer Canon ke komputer atau laptop kamu.
  2. Selanjutnya masuk ke menu Control Panel dan pilih Devices and Printers.
  3. Setelah itu kamu klik kanan pada printer dan pilih menu Properties, jika belum ada silahkan cek kembali apakah printer sudah tersambung atau belum.
  4. Setelah muncul jendela baru, kamu pilih menu Maintenance.
  5. Lalu pilih Cleaning atau Deep Cleaning. Jika masalah yang kamu temukan pada printer tidak terlalu parah maka pilih Cleaning, namun jika masalah printer sudah parah dan tinta sulit keluar atau kamu ingin melakukan pembersihan head printer secara lebih mendalam maka bisa memilih Deep Cleaning.
  6. Umumnya kamu bisa memilih warna tertentu yang sulit keluar, misal printer kamu sulit untuk mengeluarkan tinta biru maka kamu dapat memilih biru, kamu juga bisa memilih warna lain seperti merah dan hitam.
  7. Selanjutnya silahkan tunggu proses hingga selesai
  8. Jika sudah selesai, kamu bisa memilih check nozzle printer pattern untuk mengecek apakah warna yang dihasilkan sudah sesuai atau belum.

Jika kamu sudah melakukan proses cleaning seperti di atas, namun hasil cetakan masih belum sempurna maka kamu bisa mengulanginya dari awal. Yang perlu diketahui adalah cara cleaning printer ini hanya dilakukan saat printer mengalami masalah saja, karena jika sering melakukan cleaning padahal printer sedang baik-baik saja akan mendatangkan masalah lain pada printer kamu.

Namun, jika kamu sudah mencoba proses cleaning sebanyak 2 kali namun hasilnya masih kurang maksimal, kamu bisa menunggu hingga 24 jam, karena ada beberapa jenis tinta yang membutuhkan waktu agar berfungsi normal seperti semula.

Jika sudah menunggu hingga 24 jam dan masih saja seperti itu, maka bisa jadi masalah yang sebenarnya terdapat pada cartridge printer yang sudah tidak bagus, jika seperti itu maka kamu bisa memperbaikinya atau menggantinya dengan yang baru. Saran saya, jika printer kamu masih dalam masa garansi, langsung saja pergi ke pusat layanan resmi dari printer yang kamu gunakan agar diperbaiki oleh ahlinya tanpa biaya tambahan.

Baca JugaCara Memilih Laptop Untuk Mahasiswa

Itu dia beberapa cara cleaning printer yang bisa kamu lakukan sendiri tanpa bantuan siapapun. Pada dasarnya hal-hal seperti ini harus kamu ketahui, karena printer merupakan perangkat yang rawan rusak. Dan sebagai pengguna yang baik, kamu harus selalu mengecek kualitas dari printer dengan melakukan cetakan dokumen atau foto minimal 1 kali per hari.

Penutup

Mungkin cukup sekian pembahasan saya tentang Cara Cleaning Printer Yang Baik dan Benar Untuk Semua Jenis, semoga apa yang saya tulis bisa bermanfaat, jika ada pertanyaan, silahkan tulis pada kolom komentar, terimakasih dan sampai jumpa.


Posting Komentar untuk "Cara Cleaning Printer Yang Baik dan Benar Untuk Semua Jenis"