Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Printer Inkjet dan Laserjet Yang Harus Kamu Ketahui

 

Perbedaan Printer Inkjet dan Laserjet Yang Harus Kamu Ketahui - italazhar.com

Semakin canggihnya dunia teknologi membuat banyak sekali perangkat yang dapat digunakan untuk memudahkan pekerjaan manusia, salah satunya adalah printer. Printer merupakan salah satu perangkat penting yang dapat menunjang pekerjaan kita setiap harinya, dengan adanya printer kamu bisa mencetak berbagai macam dokumen, foto, atau laporan setiap hari. Selain untuk menunjang pekerjaan, printer juga sering digunakan di rumah untuk mengerjakan tugas seperti mencetak gambar atau tugas berbentuk dokumen.

Baca JugaCara Ampuh Mengatasi Laptop Lemot

Saat ini sudah banyak printer dengan berbagai jenis, model, dan merk yang berbeda, namun yang paling banyak kita temui di lingkungan sekitar adalah printer inkjet dan laserjet. Walaupun fungsinya hampir sama, namun ada beberapa perbedaan antara printer inkjet dan laserjet yang mempunyai kelebihan serta keuntungan masing-masing. Contohnya, printer inkjet menggunakan microscopic nozzle untuk menyemburkan tinta ke kertas, sedangkan printer laserjet menggunakan toner katrid yang berisi serbuk tonne yang akan diubah menjadi gambar.

Sebelum kita membahas perbedaan printer inkjet dan laserjet, kamu harus mengetahui apa itu printer inkjet dan laserjet terlebih dahulu.

Printer Inkjet

Printer inkjet merupakan salah satu jenis printer yang didalamnya terdapat 2 buah catridge, yaitu untuk tinta hitam dan tinta berwarna, karena jenis printer ini menggunakan tinta sebagai elemen utama untuk mencetak. Di pasaran, pinter jenis inkjet ini cukup laris dan mempunyai berbagai ukuran, mulai dari kecil, sedang, hingga besar. Dokumen atau gambar yang dapat dicetak oleh printer inkjet beresolusi hingga 5760 x 1440 dpi.

Ada beberapa keunggulan yang bisa kamu dapat saat menggunakan printer inkjet ini, seperti dapat menghasilkan dokumen atau foto dengan kualitas tinggi, memiliki harga yang cukup terjangkau, dapat mencetak dengan kecepatan tinggi, hingga bisa mencetak file dari berbagai sumber seperti media card dan kamera digital.

Namun, dibalik berbagai keunggulan yang dimilikinya, printer inkjet juga mempunyai beberapa kelemahan seperti boros catridge tinta, catridge tinta yang rawan rusak, kurang cocok untuk mencetak dalam skala besar, hingga tinta yang mudah luntur.

Printer Laserjet

Printer laserjet juga dikenal dengan nama laser printer/LED, karena printer jenis ini menggunakan sinar laser untuk mencetak dokumen atau gambar. Cara kerja dari printer laserjet hampir mirip dengan mesin fotocopy, karena arus elektrostatis akan ditembuskan hingga silinder dan toner pada kertas, toner tersebut lah yang akan ditempelkan di kertas.

Keunggulan yang dimiliki oleh printer laserjet cukup banyak, yaitu memiliki kualitas yang tinggi, bagus, dan jelas. Selain itu tulisan juga tidak mudah luntur dengan air karena menggunakan teknologi khusus. Printer laserjet juga mampu mencetak kertas dengan berbagai ukuran serta memiliki kecepatan cetak yang cukup tinggi. Karena printer jenis laserjet hanya membutuhkan tinta yang sedikit, kamu bisa menghemat biaya pengeluaran kamu. Kelebihan lain yang dimiliki printer laserjet adalah mempunyai daya tahan yang lama, karena walaupun tidak digunakan dalam waktu yang lama printer jenis laserjet tidak akan mudah rusak.

Sayangnya, printer laserjet masih mempunyai kekurangan, yaitu harga laser print yang berwarna cukup mahal, kurang bagus saat mencetak foto berwarna dan hasil cetakan bisa membuat kertas sedikit melengkung.

Perbedaan Printer Inkjet dan Laserjet

Nah, sekarang mari kita bandingkan apa saja perbedaan antara printer jenis inkjet dan printer jenis laserjet, berikut penjelasan selengkapnya.

1. Dari Segi Harga & Biaya

Pastinya kita sebagai konsumen saat membeli barang menginginkan barang yang murah dan mempunyai biaya operasional yang sedikit, pada dasarnya harga printer inkjet dan laserjet tidak terlalu berbeda karena kembali lagi kepada merk serta fitur yang ditawarkan. Kamu harus membaca deskripsi produk dengan lengkap terlebih dahulu agar mengerti fitur dan spesifikasi yang dimiliki printer yang ingin kamu beli.

Selanjutnya kamu juga harus memikirkan biaya operasional seperti tinta. Umumnya jika kamu membeli printer baru akan dilengkapi dengan stok tinta, namun saran saya kamu juga harus membeli tinta cadangan agar saat printer dibutuhkan tidak mengganggu kamu.

2. Ukuran Printer

Ukuran printer juga harus kamu pertimbangkan sebelum membelinya, kamu harus mengukur terlebih dahulu space kosong yang tersedia, untuk kamu yang mempunyai ukuran tempat yang terbatas, sebaiknya menggunakan printer inkjet, karena printer inkjet mempunyai ukuran yang lebih kecil dibanding printer jenis laserjet, selain itu printer inkjet juga mudah diletakkan di tempat yang kecil, seperti di bawah meja atau di atas meja.

3. Kecepatan Printer

Perbedaan antar printer inkjet dan laserjet sangat terlihat apabila dibandingkan dengan kecepatan cetaknya. Perbedaannya sangat terlihat apabila kedua jenis printer tersebut digunakan untuk mencetak teks hitam putih, untuk printer inkjet hanya mampu mencetak kurang lebih 6 lembar per menitnya, sedangkan untuk printer laserjet dapat mencetak dengan kecepatan hingga kurang lebih 20 lembar per menit.

4. Kualitas Mencetak

Selain dari segi harga, ukuran, dan kecepatan, printer inkjet dan laserjet juga mempunyai perbedaan dari segi kualitas saat mencetak gambar atau foto berwarna. Jika kamu sering menggunakan printer untuk kebutuhan mencetak gambar atau foto yang berwarna, sebaiknya kamu memilih printer inkjet, karena printer inkjet dapat menghasilkan gambar yang lebih bagus dibanding printer laserjet. Walaupun kecepatan untuk mencetaknya lebih lambat, namun itu sebanding dengan hasil gambar yang dicetak.

Printer laserjet kurang direkomendasikan untuk mencetak gambar atau foto berwarna karena hasil cetakan akan muncul garis di setiap perbedaan saturasi warna.

5. Perawatan Printer

Agar printer dapat bekerja secara optima, kamu harus melakukan berbagai macam perawatan. Diantara printer inkjet dan laserjet, printer jenis inkjet dinilai lebih mudah dirawat karena kamu hanya perlu membersihkan fisik luarnya saja agar bersih dan terhindari dari berbagai macam kotoran seperti debu.

Sedangkan untuk merawat printer laserjet lebih sulit karena kertas yang digunakan pada printer laserjet sering menyangkut saat proses pencetakan. Jika sudah terjadi kerusakan seperti itu, kamu akan sulit untuk memperbaikinya sendiri, kamu harus pergi ke tempat service printer terdekat. Dan harga sparepart printer laserjet juga lebih mahal daripada printer inkjet.

6. Jenis Tinta

Perbedaan printer inkjet dan laserjet selanjutnya terdapat pada bagian tinta. Tinta yang digunakan oleh printer jenis inkjet menggunakan 4 jenis warna, yaitu warna hitam, cyan, blue, dan magenta, keempat warna tersebut dapat memenuhi semua warna yang diminta oleh pengguna, sedangkan untuk printer jenis laserjat menggunakan tinta yang berbentuk bubuk atau toner, tinta bubuk atau toner lebih berkualitas karena tidak mudah luntur dan tercampur oleh air.

Itu dia beberapa perbedaan printer inkjet dan laserjet yang bisa kamu jadikan patokan, untuk kamu yang ingin membeli printer setelah mengetahui perbedaan itu semua kamu harus menyesuaikan antara budget dan kebutuhan, agar printer yang kamu pilih dapat menunjang aktivitas dengan baik.


Posting Komentar untuk "Perbedaan Printer Inkjet dan Laserjet Yang Harus Kamu Ketahui"