Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengunci Folder di Laptop Windows 11

 

Cara Mengunci Folder di Laptop Windows 11 - italazhar.com

italazhar.com - Pada Windows 11, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas dan diantaranya untuk mengunci folder. Proses ini dilakukan untuk melindungi file yang ada di dalam folder agar tidak dibuka oleh orang sembarangan.

Dalam prosesnya, kamu bisa mengunci folder tanpa aplikasi di laptop atau menggunakan aplikasi. Kedua cara di atas bisa dilakukan dengan mudah dan juga tidak membutuhkan biaya tambahan alias gratis.

Ketika folder itu di kunci umumnya ada file penting atau data rahasia yang boleh di buka oleh kamu saja. Jika kamu berniat dan belum mengetahui, rasanya proses penguncian tanpa aplikasi bisa dilakukan terlebih dahulu.

Baca JugaCara Mengatasi Laptop Lemot Windows 11

Mengunci Folder tanpa Aplikasi

Dalam mengunci folder, kamu bisa melakukannya dengan tanpa aplikasi tambahan pada laptop. Cara ini dinilai efektif karena kamu tidak perlu menginstal aplikasi apapun di laptop dan berikut beberapa langkahnya :

  1. Pilih folder yang akan dikunci.
  2. Klik kanan pada folder tersebut lalu pilih properties
  3. Kemudian, kamu bisa memilih security lalu pilih edit yang ada di bagian tengah. 
  4. Selanjutnya, kamu bisa memilih username Windows lalu centang semua yang ada di bagian tersebut.
  5. Ketika semua pengaturan dilakukan, kamu bisa pilih apply dan terakhir pilih OK.

Dari langkah yang dilakukan di atas khususnya di nomor 4 itu sebenarnya bisa kamu lewati. Langkah di atas dilakukan ketika kamu menggunakan lebih dari satu user di Windows. Dengan demikian, perlu memilih salah satu user yang sering kamu gunakan.

Langkah di atas, bukan hanya bisa dilakukan pada folder tetapi bisa juga mengunci file yang kamu miliki. Dengan demikian maka file atau folder yang kamu miliki tidak mudah dibuka oleh siapapun kecuali kamu.

Selain langkah tanpa aplikasi, kamu juga bisa menggunakan aplikasi tertentu untuk menguncinya. Penggunaan aplikasi juga dinilai lebih baik karena banyak fitur yang di dalamnya bisa juga memberinya password. 

Mengunci Folder Dengan Aplikasi/Software

Untuk mengunci folder dengan software atau aplikasi bisa dilakukan dengan menginstal terlebih dahulu di laptop. Jadi kamu perlu mendownload terlebih dahulu softwarenya sebelum mengunci berbagai folder yang kamu inginkan.

Ada beberapa software yang bisa kamu gunakan untuk melakukan penguncian pada folder tersebut. daripada penasaran, berikut beberapa software yang bisa kamu gunakan untuk mengunci folder.

Folder Lock

Folder Lock merupakan salah satu software yang bisa mengunci folder dengan menggunakan kata sandi atau password. Dengan aplikasi ini, kamu tidak hanya mengunci folder, file yang ada di dalam laptop.

Untuk mendapatkan fitur di atas, kamu bisa mendownload aplikasi tersebut secara gratis. Meski tergolong gratis, fitur di dalamnya sangat powerful diantaranya bisa mengunci folder dan file yang ada di dalam folder.

Dengan demikian, setiap orang yang mampu masuk di bagian folder maka juga harus membuka kunci pada filenya. Jika kamu tertarik untuk menggunakanya maka bisa mengikuti beberapa langkah berikut :

  1. Download aplikasinya melalui situs resminya melalui link ini, lalu instal di laptop.
  2. Buka aplikasi dan masukkan password yang kamu inginkan lalu pilih menu lock folders
  3. Drag folder yang ingin kamu sandi dari laptop.

Sampai pada tahap di atas proses penguncian dengan password selesai dilakukan. Kamu bisa membuka folder dengan password yang telah kamu buat sebelumnya. Untuk mengunci folder lainnya maka langkahnya sama dengan tutorial di atas.

Lock-A-Folder

Untuk software lainnya yang bisa kamu gunakan untuk mengunci folder adalah dengan Lock-A-folder. Dengan software tersebut merupakan salah satu cara mengunci folder agar tidak bisa dibuka oleh orang lain. 

Dari sisi tampilannya, software tersebut tergolong ramah pengguna dan memiliki kapasitas yang ringan. Dengan demikian tidak banyak memakan space memori laptop dan berikut langkah-langkah untuk menguncinya :

  1. Download terlebih dahulu Lock – A-Folder dari situs resminya melalui link ini lalu install di laptop.
  2. Masukkan master password sebanyak dua kali dan disarankan menggunakan password yang mudah dihafal. Password ini bisa digunakan ketika kamu membuka aplikasi dan akan mengunci folder.
  3. Untuk mulai mengunci, kamu bisa pilih Lock-A-Folder, lalu pilih folder yang akan di password.
  4. Setelah itu, kamu bisa memilih menu unlock lalu masukkan password yang akan digunakan untuk mengunci folder.

Dengan software tersebut, kamu bisa menggunakan password dengan hanya klik-klik saja. Jadi dalam membuat password tidak selalu harus menggunakan angka, huruf atau kombinasi dari keduanya.

Kekurangan dari software ini banyak langkah-langkah yang harus dilalui ketika ingin mengunci folder di laptop. Sehingga dalam satu folder saja butuh waktu yang tidak sedikit dan tidak sekali klik saja untuk proses pengunciannya.

Easy File Locker

Easy File Locker tergolong software yang ringan serta mudah digunakan oleh siapapun. Dalam menggunakannya, kamu tidak perlu khawatir karena kamu bisa mendownloadnya secara gratis melalui situs tertentu.

Untuk masalah fitur yang ada di dalamnya adalah mampu mengunci folder dan file yang ada di Windows 11. Untuk folder yang dikunci ini formatnya bukan dengan password tetapi tidak akan terlihat di laptop. Untuk menggunakanya, caranya cukup mudah dan berikut beberapa langkah yang bisa kamu lakukan :

  1. Download software melalui situs resminya melalui link ini.
  2. Install aplikasi tersebut di laptop hingga software ini terpasang di sistem operasi Windows 11. 
  3. Buka aplikasi lalu pada menu edit, kamu bisa memilih add folder
  4. Pada bagian path, kamu bisa memilih folder yang akan disembunyikan.
  5. Setelah selesai, pada bagian The file or folder will be, kamu bisa memilih :
    Accessible: Data kamu bisa diakses.
    Deleteable: Data kamu bisa dihapus.
    Visible: Data kamu dapat terlihat
    Writeable: Data kamu dapat ditulis/ditambah datanya.
  6. Ketika salah dipilih maka folder yang di proteksi tidak akan kelihatan

Dengan cara di atas setidaknya file atau folder yang sudah diproteksi tidak bisa dilihat oleh orang lain. Sehingga orang yang masuk di bagian tersebut tidak akan bisa melihat folder yang telah kamu sembunyikan.

Dari berbagai cara mengunci folder di atas setidaknya kamu punya banyak opsi dalam menentukan mana yang akan digunakan. Jika malas untuk menginstal aplikasi maka kamu bisa memilih cara mengunci folder tanpa menginstal aplikasi. Pilihan di atas dilakukan agar proses penguncian lebih cepat dan tidak terlalu merepotkan kamu.

Baca JugaCara Merekam Layar Laptop Windows 11 Tanpa Aplikasi dan Dengan Aplikasi

Tetapi jika ingin yang lebih banyak fitur yang disematkan maka bisa menggunakan aplikasi. Dengan aplikasi, kamu tidak hanya bisa mengunci tetapi bisa memberikan password pada setiap folder. Selain itu, file yang ada di dalam folder juga bisa di password sehingga tidak mudah dilihat orang.

Fitur lain yang ada di aplikasi tersebut adalah tidak bisa dilihat alias folder itu tidak terdeteksi di Windows 11. Jadi kamu bisa memilih mana aplikasi yang akan kamu pilih untuk mengunci folder yang ada di laptop.


Penutup

Mungkin cukup sekian pembahasan kami tentang Cara Mengunci Folder di Laptop Windows 11, semoga tulisan ini bisa bermanfaat, bagikan ke teman-teman jika tulisan ini dirasa bermanfaat, jika ada pertanyaan silahkan tulis pada kolom komentar, Terimakasih.


Posting Komentar untuk "Cara Mengunci Folder di Laptop Windows 11"