Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mempercepat Laptop Windows 11

 

Cara Mempercepat Laptop Windows 11 - italazhar.com

italazhar.com - Windows 11 merupakan sistem operasi yang banyak digemari oleh para penggunanya hingga viral di sosial media. Viralnya sistem operasi ini karena fitur yang dibawanya tergolong baru dan hampir mirip dengan MacOS.

Karena kemiripan itu tidak heran jika pengguna Windows 10 mulai mengupgradenya ke Windows 11. Untuk melakukan update ini tidak semua laptop support tetapi hanya beberapa laptop baru yang tinggal update saja.

Untuk laptop lama maka perlu menginstall dan dalam kinerjanya sering lemot atau lambat. Untuk mengatasi hal ini, kamu perlu segera mempercepat dan berikut beberapa langkah yang perlu dilakukan :

Pastikan Sesuai Spesifikasi

Windows 11 berbeda dengan Windows 10 dimana untuk menginstalnya ada spesifikasi khusus. Dengan demikian, kamu perlu mengetahui spesifikasi ini dan pastikan mencapai spesifikasi minimal sebelum menginstalnya.

Untuk spesifikasi minimal yang harus kamu penuhi untuk menginstall Windows 11 diantaranya adalah :

  1. Memiliki RAM minimal 4GB dan memori internal 64GB.
  2. Menggunakan prosesor dual-core dengan kecepatan 1GHZ. 
  3. Layar minimal berukuran 9 inci dengan resolusi 720p atau High Definition (HD). 
  4. Memiliki UEFI yang aktif dan TPM versi 2. 
  5. Laptop support untuk koneksi internet, Wi-Fi dan beberapa fitur lain

Jika spesifikasinya sudah sesuai keterangan di atas maka kamu bisa menginstall Windows terbaru ini. Tetapi jika belum maka urungkan niat untuk bisa menjalankan Windows versi terbaru di laptop.

Jika dipaksakan maka beberapa fitur yang ada di Windows 11 tidak akan berjalan sempurna. Kamu akan menemukan beberapa fitur yang tidak bisa dibuka atau hilang karena laptop yang kamu miliki belum support.

Baca JugaCara Instal Aplikasi Android Di Windows 11

Install Windows di SSD

Untuk melakukan instalasi Windows terbaru, kamu bisa menggunakan SSD (Solid-State Drive). Dengan ini, kamu bisa membuat kinerja Windows semakin maksimal dan meringankan beban laptop.

Oleh karena itu, disarankan pada saat menginstal Windows sebaiknya dilakukan di SSD. Kamu akan bisa mengakses berbagai data dengan cepat serta proses booting pada Windows akan lebih cepat dan mudah.

Bukan hanya itu, SSD juga punya manfaat bisa memaksimalkan kinerja RAM, CPU dan juga GPU. Bukan hanya itu hal yang lebih penting lagi adalah konsumsi daya listrik rendah sehingga akan lebih hemat listrik. 

Mengatur Efek Visual

Dari sekian banyak kinerja yang ada pada laptop yang paling berpengaruh adalah efek visual pada Windows. Semakin bagus efek visual yang kamu gunakan semakin besar pula beban sehingga kinerjanya akan semakin menurun.

Jika hal ini terus dilakukan bukan tidak mungkin performa dari Windows 11 akan lambat atau lemot. Oleh karena itu, untuk mempercepat kamu perlu mengatur efek visual ke tampilan yang lebih sederhana.

Untuk proses pengaturannya ada dua opsi, pertama kali bisa memilih let Windows choose. Dengan pilihan tersebut maka Windows akan menentukan sesuai kemampuan laptop. Sedangkan pilihan yang kedua, kamu bisa memilih adjust for performance agar kinerjanya semakin kencang.

Mengaktifkan Prosesor

Sebagaimana dijelaskan di awal bahwa Windows 11 memiliki spesifikasi minimal menggunakan prosesor dual core. Dengan proses tersebut kamu bisa mengaktifkan agar proses bootingnya lebih cepat. Dengan begitu, kamu bisa membuka banyak aplikasi dengan sangat cepat dan tidak terjadi ngelag. 

Mematikan Service Windows

Beberapa penyebab kinerja Windows 11 mulai melambat karena adanya layanan service ini yang masih tetap hidup. Untuk itu, kamu perlu mematikan layanan ini karena tidak semua layanan nya kamu butuhkan.

Umumnya layanan yang ada di bagian ini bergerak di belakang layar dan memberikan fungsi-fungsi khusus. Karena berada di belakang ini maka perlu dinonaktifkan agar kinerja Windows 11 bisa maksimal dan bisa melakukan multitasking. 

Menonaktifkan Startup Enty

Setelah beberapa aplikasi terinstall di laptop biasanya akan berjalan sendiri di belakang layar. Jika hal ini dibiarkan maka semakin banyak startup entry semakin memberatkan juga saat boating Windows 11. 

Untuk itu, kamu perlu menonaktifkan startup entry yang memang dinilai terlalu memberatkan. Proses ini dilakukan agar booting dan beberapa aktivitas lain di Windows menjadi lancar dan tanpa terjadi kendala.

Untuk proses nonaktifkan bukan berarti semua aplikasi yang berat tetapi yang dirasa kurang begitu dimanfaatkan. Khusus untuk aplikasi driver, antivirus disarankan untuk tidak dinonaktifkan karena aplikasi ini sangat penting di laptop.

Menguninstall Aplikasi Yang Tidak Dibutuhkan

Setiap pengguna pemula terkadang lebih suka menginstal banyak aplikasi di laptop. Hal seperti ini bukan malah membuat Windows semakin kencang kinerjanya tetapi malah memberatkan sehingga kinerjanya semakin lambat.

Untuk itu kamu perlu melakukan seleksi dari beberapa aplikasi yang tidak dibutuhkan untuk di-uninstall. Dengan cara seperti ini maka kinerja laptop akan semakin kencang dan kamu bisa membuka aplikasi dengan cepat.

Untuk kategori aplikasi yang akan di-uninstall tentu tidak bisa ditentukan karena kebutuhan setiap pengguna tidak sama. Pada intinya aplikasi tersebut jarang sekali digunakan dan itulah yang seharusnya kamu uninstall.

Pasang Driver Terbaru

Bagi kamu yang menggunakan laptop lawas maka perlu melakukan update driver untuk memaksimalkan kinerja laptop. Dengan demikian, kamu perlu selalu melakukan checking pada beberapa driver tersebut.

Untuk proses ini bisa kamu lakukan dengan mengunjungi situs resmi dari vendor pembuat laptop. Dengan cara seperti itu maka driver yang kamu miliki akan selalu update dan kinerja laptop semakin maksimal.

Pada situs tersebut terkadang bukan hanya driver tetapi ada beberapa software penting yang juga perlu di update. Diantaranya adalah software BIOS atau aplikasi khusus yang sengaja dirancang laptop yang kamu miliki.

Update Windows 11 Secara Berkala

Proses update Windows perlu dilakukan sewaktu-waktu agar kinerja laptop bisa semakin cepat dan nyaman digunakan. Untuk melakukan update ini tidak bisa dilakukan secara manual tetapi harus terhubung dengan internet.

Ketika terhubung nantinya kamu bisa melakukan proses update ini dan disarankan memiliki koneksi yang cepat. Hal ini diperlukan agar proses update bisa lancar dan memperbaiki beberapa bug yang bermasalah pada sistem operasi tersebut.

Rutin Melakukan Maintenance

Bagi kamu yang menggunakan Windows 11 atau yang versi sebelumnya maka perlu melakukan maintenance atau perawatan. Dengan cara seperti ini akan membuat laptop yang kamu miliki bisa bertahan lebih dan kinerjanya maksimal.

Baca JugaCara Mengatasi Laptop Lemot Windows 11

Bagian ini terkadang sering dianggap sepele oleh para pengguna dan akibatnya umur laptopnya tidak lama. Hal ini karena beberapa kesalahan yang terkadang kurang disadari sehingga laptop yang dimiliki cepat rusak.

Itulah beberapa penjelasan tentang mengatasi kinerja laptop yang kinerjanya tidak maksimal. Beberapa langkah di atas perlu kamu lakukan agar laptop yang kamu miliki bisa digunakan dalam waktu yang lama.

Beberapa permasalahan yang sering dilakukan oleh pengguna Windows 11 adalah tidak update driver dan tidak melakukan perawatan. Hal seperti ini perlu mendapatkan perhatian khusus dan tidak boleh dianggap sepele.


Penutup

Mungkin cukup sekian pembahasan kami tentang Cara Mempercepat Laptop Windows 11, silahkan di lakukan dengan hati-hati dan ketelitian, jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan tulis pada kolom komentar dibawah ini, Terimakasih.



Posting Komentar untuk "Cara Mempercepat Laptop Windows 11"