Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Instal Aplikasi Android Di Windows 11

Cara Instal Aplikasi Android Di Windows 11 - italazhar.com

italazhar.com - Windows 11 tergolong sistem operasi yang viral di berbagai sosial media. Baik di dalam dan di luar negeri. Kepopuleran ini karena di dalamnya terdapat banyak fitur menarik yang bisa kamu manfaatkan untuk berbagai kebutuhan.

Salah satu fitur yang paling menarik perhatian adalah bisa menginstall aplikasi Android di dalam windows. Dengan adanya hal ini, kamu tidak perlu menginstal emulator untuk menjalankan aplikasi Android di windows.

Untuk menjalankan berbagai aplikasi tentu perlu mendownload dan menginstalnya terlebih dahulu. Dengan demikian kamu bisa membuka semua aplikasi dengan mudah dan cepat di windows 11 ini.

Baca JugaCara install windows 11 Pada Laptop dan PC (Terbaru)

Cara Download dan Instal Aplikasi

Sejak pertama kali dirilis, windows terbaru ini sudah support dan bisa untuk menginstal aplikasi Android. Jadi semua perangkat termasuk laptop, PC, tablet dan yang lainnya yang berbasis windows 11 bisa menginstal aplikasi layaknya di HP. 

Sehingga kamu tidak perlu lagi menginstal emulator khusus sehingga tidak memberatkan kerja sistem operasi. Untuk proses instalasinya dilakukan di Microsoft Store dan nantinya akan terhubung secara langsung ke Amazon Appstore.

Bagi kamu yang penasaran, berikut beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mendownload dan menginstal aplikasi Android :

  1. Bukalah Microsoft Store melalui start menu dan jika tidak ditemukan kamu bisa mencarinya di all App. Cara lain yang bisa dilakukan adalah mengetikkan kata tersebut di pencarian yang ada di pojok kiri bawah.
  2. Carilah aplikasi yang ada di Microsoft Store yang nantinya bisa kamu download dan install di laptop.
  3. Untuk mendownloadnya, kamu bisa mengklik icon aplikasi dan untuk mulai mendownload klik saja Get from Amazon Appstore

Dengan langkah di atas, kamu bisa menginstal berbagai aplikasi yang kamu inginkan pada store tersebut. Dalam memilih aplikasi yang akan diinstal kamu perlu memperhatikan terlebih dahulu karena tidak semuanya gratis.

Jadi pastikan aplikasi yang akan diinstal tidak ada biaya alias gratis untuk digunakan di windows 11. Selain itu, hal penting lainnya adalah kamu juga perlu membuat akun di Amazon App store agar langsung terhubung ke aplikasi.

Untuk langkah membuatnya sangat mudah, kamu tinggal kunjungi saja amazon.com. Setelah itu, kamu bisa mengisi berbagai data yang diperlukan dan pastikan terisi semua. Setelah itu dilakukan maka proses download instalasi bisa dijalankan dengan mudah di windows.

Cara Membeli Aplikasi di Microsoft Store

Sebagaimana dijelaskan di awal bahwa aplikasi yang ada di Microsoft Store ada yang free dan berbayar. Untuk free, kamu bisa melakukan download dan instal kapanpun selama memiliki koneksi internet.

Untuk yang berbayar, kamu perlu mempersiapkan alat pembayaran yang akan digunakan di sistem operasi tersebut. Untuk proses pembayaran yang ada di store tersebut umumnya menggunakan kartu kredit dari berbagai bank di Indonesia.

Jika kamu tertarik dan ada aplikasi yang ingin dibeli maka berikut beberapa langkah yang bisa kamu lakukan :

  1. Buka Microsoft Store yang ada di laptop melalui start menu yang ada di pojok kiri bawah.
  2. Carilah aplikasi berbayar yang ingin kamu order di toko tersebut.
  3. Setelah ditemukan, kamu bisa mengklik aplikasi itu.
  4. Saat aplikasi di klik, ada banyak sekali informasi di dalamnya mulai deskripsi, harga, dan berbagi data lainnya.
  5. Untuk memulai pembelian, kamu bisa mengklik harga yang ada di aplikasi itu.
  6. Pada tahap ini, kamu bisa memasukkan kartu kredit yang kamu miliki baik mastercard atau visa. Kedua kartu kredit ini masih bisa digunakan selama tidak expired dan ada uang di dalamnya.
  7. Jika semua data sudah di isi, kamu bisa klik confirm.

Dengan menerapkan langkah di atas maka aplikasi yang sudah dibeli bisa kamu gunakan di windows 11. Untuk proses pembelian aplikasi lain langkahnya sama seperti di atas dan perbedaannya hanya aplikasi yang ingin dibeli.

Umumnya aplikasi yang berbayar memiliki kualitas yang lebih bagus dan umumnya berupa buku-buku. Dikatakan demikian karena di Amazon Appstore memang lebih banyak buku-buku yang dijual dan terkadang digunakan dalam versi berbayar.

Fakta Dibalik Aplikasi Microsoft Store

Sebagaimana dijelaskan di bagian awal bahwa aplikasi yang ada di windows semuanya bersumber pada Amazon Appstore. Dengan demikian, aplikasi yang ada di store tersebut tidak selengkap seperti di Google Play Store.

Untuk itu, banyak sekali aplikasi yang tidak tertanam di Amazon Store seperti Google Foto, Google Drive, dll. Selain itu, masih ada beberapa aplikasi yang tidak tersedia termasuk beberapa aplikasi untuk edit video.

Karenanya dalam proses download dan instal aplikasi sebaiknya memilih aplikasi yang tidak diinstal di windows 11. Jika sebuah aplikasi sudah diinstal sebaiknya kamu tidak perlu menginstal di versi Androidnya.

Hal seperti ini dilakukan agar di dalam sistem operasi tidak banyak aplikasi yang hanya bergerak di latar belakang saja. Jika hal ini dibiarkan akan membuat kinerja dan performa yang ada di windows semakin lambat saat membuka aplikasi lain. 

Menjalankan Aplikasi

Setelah proses instalasi dilakukan, kamu bisa menjalankan semua aplikasi yang telah diinstal sebelumnya. Untuk menjalankannya caranya seperti menjalankan aplikasi lain yang ada di Windows seperti Ms. Office, Google Chrome, dll.

Jadi kamu melihat aplikasi tersebut di all App yang ada di windows, lalu klik aplikasi yang ingin dibuka. Dengan cara seperti itu maka aplikasi tersebut bisa dibuka dan digunakan sesuai kebutuhan yang kamu inginkan.

Baca JugaCara Mempercepat Laptop Windows 11

Cara Uninstal Aplikasi

Untuk melakukan uninstal aplikasi dapat kamu lakukan sebagaimana aplikasi lain yang ada di windows. Untuk melakukan proses uninstal, kamu bisa melakukan beberapa langkah berikut di windows :

  1. Klik start menu lalu pilih All Apps.
  2. Pada halaman tersebut, kamu bisa memilih aplikasi yang akan di uninstal.
  3. Setelah dipilih, kamu bisa klik aplikasi lalu pilih uninstal.
  4. Ikuti berbagai petunjuk yang ada hingga aplikasi tidak ada lagi di sistem operasi windows.

Langkah di atas bisa kamu ulang ketika ingin menginstal aplikasi yang lain yang ada di windows. Rasanya cukup mudah untuk proses menghapus aplikasi yang ada di windows dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

Dari berbagai penjelasan di atas, kamu bisa melakukan instalasi aplikasi baik yang gratis atau yang berbayar. Untuk tutorialnya, kamu bisa mengikuti berbagai langkah yang dijelaskan di bagian awal.

Setelah aplikasi diinstal, kamu bisa menjalankannya di windows dengan cara mengklik icon aplikasi yang ingin dibuka. Langkah ini berlaku untuk berbagai aplikasi baik yang gratis atau yang berbayar.

Jika aplikasi kurang disukai, kamu bisa meng-uninstall aplikasi tersebut dari sistem operasi windows 11. Untuk langkah-langkahnya sama dengan meng-uninstall aplikasi lain yang ada di windows.


Penutup

Mungkin cukup sekian pembahasan saya pada kali ini tentang Cara Instal Aplikasi Android Di Windows 11, semoga apa yang saya tulis bisa bermanfaat, jangan ragu untuk berkomentar jika ada yang salah atau jika ada yang ingin ditanyakan, Terimakasih.


Posting Komentar untuk "Cara Instal Aplikasi Android Di Windows 11"