Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara install windows 11 Pada Laptop dan PC (Terbaru)

 

Cara install windows 11 Pada Laptop dan PC (Terbaru) - italazhar.com

italazhar.com - Kepopuleran windows 11 begitu dikenal oleh semua orang khususnya mereka yang sebelumnya menginstal windows 10. Bagi pengguna windows 10 juga disarankan untuk meng-update ke windows terbaru agar bisa menikmati semua fitur-fiturnya.

Selain dilakukan dengan mengupdate, kamu bisa juga mendownload terlebih dahulu melalui situs resminya. Setelah proses download, kamu bisa langsung menginstall windows di PC atau laptop yang kamu miliki.

Untuk cara installnya ini bisa dilakukan dengan beberapa cara seperti melalui flash disk, install manual ataupun cara lainnya. Model install yang umumnya dilakukan biasanya dilakukan melalui perangkat secara langsung tanpa mendownload dari situs resminya.

Persiapan Sebelum Instalasi

Sebelum melakukan instalasi, kamu perlu mempersiapkan segala sesuatu termasuk mengecek spek laptop. Proses pengecekan ini dilakukan karena windows 11 tidak compatible dengan semua laptop.

Umumnya versi terbaru dari windows ini hanya dikhususkan bagi laptop dengan spek tertentu. Berikut beberapa spek minimal yang harus ada pada laptop atau PC dan nantinya bisa di-update ke versi terbarunya ini :

  1. Minimal harus punya prosesor dual core dengan kecepatan 1 GHZ.
  2. RAM minimal pada laptop 4GB dengan memori internal 64GB. 
  3. Memiliki layar minimal 9 inci dengan resolusi High Definition. 

Untuk spek di atas adalah batas minimal yang harus ada di laptop dan sangat disarankan spek perangkat yang kamu miliki lebih dari itu. Dengan spek yang lebih tinggi akan membuat kamu tidak akan mengalami lag saat dijalankan di laptop.

Selain spesifikasi di atas, kamu juga perlu melakukan backing data terlebih dahulu. Proses ini dilakukan agar data-data yang kamu miliki aman dan dipindahkan ke disk D atau disk E. Proses perpindahan ini dilakukan karena saat proses instalasi maka seluruh data di disk C akan hilang atau terhapus.

Baca JugaCara Instal Aplikasi Android Di Windows 11

Cara Install Via Perangkat

Untuk melakukan install dari PC atau laptop bisa dilakukan secara langsung tanpa mendownload dari situs resmi. Proses ini sering disebut sebagai cara update windows 11 karena cukup dilakukan tanpa via flashdisk atau yang lainnya.

Untuk caranya sangat mudah dan berikut beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk proses instalasinya :

  1. Pada windows 10, kamu bisa mengklik start menu yang ada di pojok kiri bawah. 
  2. Dari beberapa pilihan yang ada, kamu bisa memilih setting
  3. Pada menu pengaturan itu kamu bisa memilih update&security
  4. Dari sekian pilihan yang ada, kamu bisa memilih windows update
  5. Untuk mulai mendownload, kamu bisa memilih download and install
  6. Setelah mengklik bagian tersebut, kamu perlu membaca beberapa persyaratan yang ada. 
  7. Kamu bisa membaca semua persyaratan dan jika setuju, kamu bisa memilih accept and install

Proses update ini tidak bisa instan dan umumnya butuh waktu untuk bisa langsung ke windows 11. Jadi kamu bisa menunggu beberapa saat hingga proses update ini selesai dilakukan dari perangkat.

Untuk masalah waktunya tergantung spek perangkat yang kamu miliki dan semakin tinggi speknya semakin cepat. Faktor lainnya juga tergantung koneksi internet yang kamu gunakan dan jika stabil maka prosesnya akan lebih cepat.

Selain cara diatas masih ada cara lain yang bisa kamu lakukan untuk melakukan instalasi windows terbaru ini. Salah satu proses instalasi bisa dilakukan dengan menggunakan flashdisk dan nantinya tinggal dimasukkan ke perangkat.

Cara Install Dengan Flashdisk

Cara install windows 11 dengan flashdisk berbeda dengan proses install windows yang sudah dijelaskan sebelumnya. Sebelum proses instalasi dilakukan ada beberapa hal yang perlu kamu siapkan, diantaranya :

  1. Silahkan download windows 11 versi ISO resmi dari Microsoft.
  2. Amankan terlebih dahulu berbagi file yang kamu miliki yang ada di disk C. Jika file masih dibutuhkan, kamu bisa memindahkan ke disk D atau disk E agar tidak ikut terhapus.
  3. Siapkan flashdisk dengan minimal berkapasitas 8GB dan disarankan lebih dari itu. 
  4. Selalu colokkan charger agar baterai tidak habis saat proses instalasi.
  5. Aplikasi Rufus dan pastikan sudah terinstall di laptop atau PC.

Setelah semua perlengkapan itu sudah tersedia maka kamu bisa langsung menginstalnya di laptop atau PC. Untuk instalasi perlu dilakukan dengan teliti dan berikut beberapa langkah yang perlu dilakukan :

  1. Colokkan flashdisk dan pastikan tidak ada data apapun di dalamnya.
  2. Buka aplikasi Rufus dan pastikan flashdisk terdeteksi di dalamnya lalu pilih select
  3. Pilih windows 11 ISO yang sudah di download lalu klik open
  4. Kemudian kamu bisa mengklik start lalu pilih OK
  5. Silahkan kamu tunggu hingga proses selesai dilakukan dan umumnya butuh waktu hingga 15-20 menit.
  6. Jika proses ini selesai dilakukan maka kamu bisa klik ready.

Pada langkah di atas, kamu sudah bisa menggunakan booting dari flashdisk. Untuk proses booting langkahnya sama dengan saat kamu menginstall windows 10 dari flashdisk. Ikuti semua petunjuk yang ada hingga proses instalasi selesai dilakukan.

Install Windows 11 di PC atau laptop Jadul

Windows 11 tidak hanya bisa didownload di laptop dengan spek tinggi tetapi bisa juga dilakukan pada laptop jadul. Dengan demikian, kamu yang tidak memiliki dana cukup bisa tetap menggunakan versi terbaru dari windows ini.

Untuk cara install windows 11 di PC jadul bisa dilakukan dengan beberapa cara dan berikut langkah-langkahnya :

  1. Silahkan download terlebih dahulu windows 11 versi ISO dari website resmi microsoft.
  2. Download terlebih dahulu Universal MediaCreationTool dari Github atau media lainnya.
  3. Ekstrak terlebih dahulu file aplikasi yang telah didownload lalu jalankan file BAT Media Creation Tool pada folder tersebut.
  4. Setelah selesai, kamu bisa mengklik runaway
  5. Pada halaman yang muncul saat itu, kamu bisa memilih 11 lalu pilih create ISO
  6. Ketika diminta untuk memberi izin, kamu bisa menyetujuinya. 

Pada tahap di atas prosesnya sudah selesai dan hal yang perlu diperhatikan adalah cara ini dilakukan dengan syarat. Untuk syaratnya, windows yang sebelumnya kamu gunakan adalah windows 10.

Jika sebelum itu, windows yang kamu gunakan windows 7 maka tidak bisa dilakukan proses di atas. Setelah proses di atas langkahnya sama dengan tutorial di atas terkait instalasi menggunakan flashdisk.

Jadi setelah langkah ini, kamu bisa beralih ke tutorial atas dan ikuti semua petunjuknya hingga proses instalasi selesai. Dengan demikian, kamu sudah bisa menikmati windows 11 dengan sangat mudah meskipun menggunakan PC jadul. 

Secara keseluruhan, kamu bisa memilih saat ingin menikmati windows 11 di laptop atau di PC. Jika perangkat yang kamu gunakan tidak sesuai spesifikasi maka bisa dengan cara menggunakan flashdisk. Tetapi jika syaratnya memenuhi dan laptopnya compatible maka bisa dengan cara mengupdate saja pada perangkat yang kamu gunakan.


Penutup

Mungkin cukup sekian pembahasan saya tentang Cara install windows 11 Pada Laptop dan PC (Terbaru), semoga apa yang saya tulis bisa bermanfaat, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tulis pada kolom komentar. Terimakasih.


Posting Komentar untuk "Cara install windows 11 Pada Laptop dan PC (Terbaru)"