Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Upgrade Windows 10 Ke Windows 11

Cara Upgrade Windows 10 Ke Windows 11 - italazhar.com

italazhar.com - Banyak sekali beberapa pengguna Windows 10 yang mulai beralih ke Windows 11. Proses upgrade ini dilakukan agar pengguna Windows bisa menikmati berbagai fitur yang ada di Windows eleven ini.

Kehadiran dari Windows ini begitu ditunggu oleh para penggunanya karena ada beberapa bagian yang perlu dibenahi dari Windows 10. Para pengguna berharap berbagai kekurangan yang ada di Windows 10 bisa segera dibenahi di Windows 11. 

Untuk melakukan proses upgrade dari Windows 10 ke Windows 11 tidak butuh lama dan tanpa biaya alias gratis. Sebelum mengetahui cara update Windows 11, kamu perlu mengenal terlebih dahulu tentang versi terbaru dari sistem operasi ini.

Baca JugaCara Download Windows 11 Via PC Dan Melalui Situs Resmi Microsoft


Mengenal Windows 11

Windows 11 merupakan sistem operasi terbaru dari Windows yang mulai tersedia para 5 oktober 2021 silam. Sejak tanggal tersebut, seluruh pengguna Windows 10 bisa langsung mengupdate ke Windows terbaru secara cuma-cuma.

Proses update ini dilakukan dengan syarat pengguna membeli Windows secara resmi dan bukan hasil crack. Dengan begitu maka proses update ini akan dilakukan secara lancar dan tidak dikenakan biaya sedikitpun.

Versi ke-11 dari Windows ini sebelumnya tidak lantas resmi seperti itu tetapi ada versi betanya. Untuk versi beta pertama kali digunakan pada bulan Agustus 2021 dan dari versi ini mereka mengetahui bagian mana yang perlu dibenahi.

Dengan kondisi tersebut, akhirnya di bulan Oktober mereka merilis secara resmi  versi terbaru  dari Windows ini. Sejak dirilisnya, semua pengguna lama bisa langsung mengupdate dan ada notifikasi di Windows update.


Syarat Update Windows

Bagi kamu yang ingin melakukan update pada sistem operasinya maka ada beberapa syarat yang diperlukan. Syarat ini perlu kamu ketahui agar nantinya versi terbaru ini bisa berjalan dengan lancar di laptop atau PC.

Jika syaratnya tidak terpenuhi maka hindari untuk melakukan update ke versi yang terbaru. Jika dipaksakan maka bisa saja perangkat kamu akan lemot dan berikut beberapa syarat untuk melakukan updatenya :

  1. Prosesor yang digunakan minimal dual core dengan 64 bit dan kecepatan minimalnya 1 GHz. 
  2. Untuk RAM yang digunakan minimal 4GB dengan memori internal minimal 64GB.
  3. VGA yang terpasang di laptop atau PC minimal DirectX 12 atau lebih. 
  4. Resolusi layar minimal 720p atau High Definition dan minimal 8 bit per saluran.

Ketika syarat di atas sudah terpenuhi maka kamu bisa langsung mengupgradenya ke Windows yang terbaru. Karena keterangan di atas adalah minimal maka sangat disarankan untuk memilih laptop dengan spek yang lebih tinggi dari itu.

Jika kualitas laptop atau PC masih tergolong minimal maka kemungkinan besar masih akan lambat kinerjanya. Untuk itu, laptop yang kamu miliki lebih baik tetap di versi ke-10 daripada di update tetapi kinerjanya menjadi lambat.


Cara update ke Windows 11

Setelah memenuhi semua persyaratan, kamu bisa mengupdate ke Windows 11 dengan mudah. Untuk lama update ke Windows 11 sebenarnya tergantung spek perangkat yang digunakan. Semakin tinggi spek perangkat maka semakin cepat pula prosesnya dan berikut beberapa langkah-langkahnya :

  1. Pilih menu setting pada PC atau laptop yang ingin di update lalu pilih update & security. 
  2. Pada halaman tersebut muncul tampilan terkait bisa tidaknya diupdate ke Windows terbaru.
  3. Jika bisa maka kamu bisa memilih Windows insider program. 
  4. Proses ini tidak langsung sehingga kamu perlu menunggu dan selanjutnya silahkan klik get started.
  5. Silahkan dibaca berbagai persyaratan dan centang di bagian bawah dan perangkat akan melakukan restart. 
  6. Ketika proses ini sudah selesai, kamu bisa kembali ke menu setting dan pilih update security. 
  7. Pada spanduk baru Windows 11 kamu bisa download dan install.

Setelah di tahap ini, kamu tinggal mengikuti langkah-langkah atau instruksi yang ada di depan layar. Untuk tahapan ini umumnya hampir sama dengan mengupdate dari Windows 8 ke Windows 10 pada PC atau laptop.

Selain cara di atas, kamu juga bisa mendapatkan Windows 11 dengan cara membeli PC baru. Untuk PC baru ini sebenarnya tidak semua support dan hanya beberapa merk saja yang bisa diinstall dengan Windows ini.

Untuk memudahkan, berikut beberapa perangkat yang sudah dipastikan terinstall Windows terbaru di dalamnya :

  1. HP ENVY 34 All-in-One Desktop PC 
  2. Acer Aspire Vero 
  3. Lenovo Yoga Slim 7 Carbon 
  4. Surface Laptop Studio
  5. ASUS ProArt Studiobook Pro 16 OLED

Selain kelima perangkat di atas, kamu bisa menyesuaikan sendiri sesuai spesifikasi minimal seperti yang dijelaskan di atas. Kamu bisa memilih spek yang lebih tinggi dari itu dan dengan demikian laptop kamu akan otomatis terinstal Windows yang terbaru.

Baca JugaCara Membuat Bootable Flashdisk Windows 11


Software Pendeteksi

Sebagian dari kamu terkadang enggan memeriksa spek yang ada di laptop dan jika demikian maka perlu menggunakan software. Ada satu software yang bisa digunakan untuk mendeteksi layak tidaknya laptop yang kamu miliki untuk di update ke Windows terbaru.

Dengan demikian, kamu tidak perlu mencari atau melakukan browsing di internet terkait compatible atau tidak. Untuk menggunakannya sangatlah mudah dan berikut beberapa langkah-langkahnya :

  1. Download terlebih dahulu software PC Health Check melalui situs resminya pada link ini.
  2. Silahkan install dan ikuti petunjuk yang ada hingga software terinstall di PC atau laptop.
  3. Jalankan software dan nantinya akan ada notifikasi terkait bisa tidaknya untuk di update. Jika tidak bisa maka akan keluar notifikasi This PC doesn’t currently meet Windows 11 system requirements. 

Untuk bukan hanya berupa tulisan tetapi keterangan yang ada di bagian bawah. Keterangan tersebut menginformasikan jika ada kekurangan di bagian tertentu sehingga proses update tidak bisa dilakukan.


Fitur Pada Windows 11

Banyak pengguna Windows 10 yang mulai beralih ke Windows 11 karena fitur yang ditawarkan tidak main-main. Ada beberapa fitur terbaru yang sebelumnya tidak tersedia di Windows 10 dan berikut ulasannya.

  1. Tampilan antar muka yang mirip seperti Mac OS di mana taskbar yang awalnya di sebelah kiri dipindah ke tengah.
  2. Banyak widget yang ditampilkan dan salah satunya adalah  newsfeed yang dilengkapi dengan kecerdasan buatan.
  3. Terdapat fitur snap layout untuk memudahkan pengguna membuka aplikasi yang dibentuk dengan beberapa jendela.
  4. Memiliki kinerja lebih tinggi meskipun membuka game berat dan melakukan multitasking.
  5. Mampu mendownload dan menjalankan aplikasi Android di PC.
  6. Windows 11 bisa diubah menjadi mode tablet saat laptop dilepaskan dari keyboardnya.

Secara keseluruhan, proses upgrade dari Windows 10 ke Windows 11 sangatlah mudah dan harus sesuai dengan syarat yang ditentukan. Jika sudah kompatibel maka kamu bisa segera mengupgrade dan nikmati berbagai fitur menarik yang ada di Windows terbaru ini. 


Penutup

Mungkin cukup sekian pembahasan kami tentang Cara Upgrade Windows 10 Ke Windows 11, semoga artikel ini bisa membantu, jika masih ada yang bingung atau kurang jelas, silahkan bertanya pada kolom komentar, Terimakasih.



Posting Komentar untuk "Cara Upgrade Windows 10 Ke Windows 11"